• Minggu, 19 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar terus melakukan pembinaan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kukar. Upaya yang dilakukan sampai dengan saat ini adalah melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bantuan peralatan penunjang Pariwisata.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar Ridha Fatrianta mengatakan untuk pembinaan Pokdarwis tahun ini, disamping melakukan peningkatan SDM sertifikasi juga memprogramkan untuk bantuan bantuan berupa peralatan dalam rangka penunjang pelaksanaan wisata di Pokdarwis yang ada di Kukar.

"Upaya ini kami lakukan supaya mereka bisa membuat paket wisata, termasuk sarana dan peralatan untuk penunjang pelaksanaan kegiatan mereka." kata Ridha saat dikonfirmasi Senin (6/5/24) diruang kerjanya.

Selain itu pihaknya juga melakukan pendampingan, tapi karena keterbatasan tenaga kerja tidak semua bisa dilakukan pendampingan. Hanya bebrapa Pokdarwis yang memiliki potensi pariwisata yang menjadi unggulan.

Ia menjelaskan bahwa pembinaan ini lebih keberlanjutan dari program Dispar sebelumnya, seperti ada yang sudah dilatih contohnya Pokdarwis di kecamatan Muara Badak dan Marangkayu khususnya di Desa Tanjung Limau dan Kersik itu kelanjutan dari sertifikasi tahun lalu yakni sertifikasi diving tingkat dasar, tahun ini coba dilakukan sertikasi tingkat lanjutan.

Jadi diharapkan dengan adanya sertifikasi lanjutan nantinya mereka sudah memiliki keahlian. Dan rencananya Dispar Kukar akan memberikan bantuan kapal penumpang yang bisa digunakan untuk diving pada tahun ini di dua Desa tersebut.

"Harapan kita juga masyarakat bisa berperan membantu pemerintah daerah dalam rangka pengembangan pariwisata yang ada di desa desa. Karena kami menyadari bahwa dalam pengembangan pariwisata itu pemerintah daerah tidak bisa berdiri sendiri dan harus melibatkan beberapa kelompok masyarakat dan pelaku pariwisata yang ada. Jadi pariwisata itu maju ketika masyarakat berperan aktif pelaksanaan maupun pengembangan pariwisata."pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top