• Minggu, 19 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi bersama OPD terkait persiapan lomba Miskat, Tari Jepen, dan lomba Kuliner. Rakor tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar Triyatma Senin (6/5/24).

Kegiatan lomba tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2024 mendatang di Tenggarong, yang melibatkan OPD, BUMD, BUMN serta antar kecamatan sebagai pesertanya. Kegiatan ini terlaksana karena ada kerjasama antara Dispar dengan tim penggerak PKK Kabupaten Kukar.

Triyatma mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan lomba ini untuk mengenalkan kebudayaan yang ada di Kukar, salah satunya di bidang fashion dan kesenian tari jepen asal Kukar. Lomba ini telah menjadi agenda tahunan di Dispar Kukar dan tahun ini akan digelar dengan meriah.

"Hari ini kami baru melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta Tim Penggerak PKK. Intinya dalam rapat ini adalah untuk menetapkan kategori kategori lomba itu seperti apa baik itu miskat, tari jepen maupun kuliner. Selain itu juga kita mengevaluasi tentang pelaksanaan kegiatan tahun lalu salah satunya juri lomba." kata Triyatma usai Rakor Senin (6/5/24).

Selain itu lomba miskat ini untuk mengenalkan bahwa Kukar mempunyai wastra diantaranya motif batik melayu kutai, motif gangsing, ulap doyo, sulam tampar. Sedangkan untuk tari jepen untuk melestarikan budaya.

Ia mengungkapkan bahwa dalam rapat ini ada saran dan evaluasi kalau juri tari yang menilai harus netral, jangan sampai pelatih sanggar tari yang menjadi juri. Untuk itu Dispar coba untuk mengevaluasi jurinya agar netral baik itu lomba miskat, tari jepen maupun kuliner.

"Harapannya mudah-mudahan, dengan kita sering mengadakan event lomba akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kukar. Karena indikator keberhasilan Dispar adalah kunjungan wisatawan yang banyak." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top