• Jum'at, 17 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tenggarong yang ke-11 di Kelurahan Jahab resmi dibuka Asisten II Setkab Kukar Ahyani Fadianur, di Lapangan Bola PT. Budi Duta Agro Kelurahan Jahab, Rabu (01/05/2024) malam.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kukar H. Nasrun, Camat Tenggarong Sukono, seluruh peserta Kafilah dan official se Kecamatan Tenggarong dan undangan lainnya.

Ahyani mengatakan, pembukaan MTQ Kecamatan ini akan menambah keakraban bagi seluruh kafilah MTQ yang akan bertanding serta meningkatkan motivasi dan spirit perjuangan untuk meraih prestasi terbaik.

Ia mengaku, bahwa pelaksanaan MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Tenggarong ini adalah ajang seleksi bagi duta-duta Al- Quran dari Kecamatan Tenggarong. Kita patut terus berbenah untuk meningkatkan lagi kualitas pelaksanaan MTQ agar lebih maksimal, dan memperoleh hasil sebagaimana diharapkan.

"Seperti diketahui bahwa MTQ tingkat kecamatan sejatinya adalah upaya untuk menyaring semua potensi SDM di bidang seni baca dan pengetahuan Al- Quran, baik Qari'/Qari'ah, Hafizh/Hafizhah, Mufassir/Mufassirah, Khaththat /Khaththatah, serta para peserta Syarhil-Qur'an, Fahmil-Qur'an, dan Makalah Al-Quran," ujarnya.

Ia menjelaskan, upaya untuk meningkatkan kualitas dimaksud, terdiri atas kualitas SDM-nya seperti peserta, official, panitia, dewan hakim, dan lain-lain, kualitas penyelenggaraan seperti tempat, waktu, dana, dan lain-lain dan kualitas hasilnya yaitu dengan terseleksinya peserta MTQ terbaik di seluruh Kafilah MTQ.

"Pemkab Kukar menyambut baik pelaksanaan MTQ ini serta mengapresiasi keseriusan dan komitmen semua lapisan masyarakat yang berkepentingan terhadap optimalnya capaian penyelenggaraan MTQ ke- 11 tingkat kecamatan Tenggarong kali ini," tuturnya.

Melalui kesempatan ini lanjutnya, dirinya juga mendorong agar kita terus menggelorakan semangat pembinaan dan pendidikan Al-Quran yang bermutu bagi masyarakat di Kabupaten Kukar. Sebagai Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Kaltim sebanyak enam kali berturut-turut, Kabupaten Kukar selayaknya terus berbenah. Ikhtiar ini tiada lain agar kita semua dapat mewujudkan misi kedua KUKAR IDAMAN yakni "Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berakhlak Mulia, Unggul dan Berbudaya" melalui Program Dedikasi ke 10 yaitu Program Gerakan Etam Mengaji Idaman (GEMA IDAMAN).

Selain itu, pelaksanaan MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Tenggarong ini menjadi orientasi bagi para Qari'/Qari'ah, Hafizh/Hafizhah, Mufassir/Mufassirah, Khaththat/Khaththatah, serta para peserta Syarhil- Qur'an, Fahmil-Qur'an, dan Makalah Al-Quran untuk menyongsong pelaksanaan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kukar pada tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Samboja Barat.

"Saya berpesan kepada para peserta MTQ agar benar-benar menjadikan kesempatan ini sebagai ajang kompetisi secara sehat untuk menyatakan keunggulan dan potensi pribadi yang dimiliki oleh setiap peserta MTQ. Jadikanlah MTQ tingkat kecamatan ini sebagal ajang pemanasan guna menyongsong kompetisi yang lebih tinggi, agar ke depannya kalian semua mampu mengharumkan nama kafilah masing-masing dengan prestasi yang gemilang," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top