• Minggu, 12 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebagai bagian dari persiapan untuk Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus mendatang, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kukar tahun 2024.

Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti, menjelaskan bahwa seleksi Paskibra Kukar diikuti oleh 152 pelajar melalui beberapa tahapan, termasuk tes samapta, Peraturan Baris Berbaris (PBB), parade, dan psikotes. Tahapan seleksi dilaksanakan mulai tanggal 22 hingga 26 April 2024.

Selanjutnya, pada tanggal 29 April, akan dilakukan wawancara via zoom berkaitan dengan minat dan bakat calon Paskibra, yang akan berlangsung hingga 3 atau 4 Mei. Nama-nama terpilih diharapkan dapat diserahkan pada tanggal 8 Mei mendatang.

"Kami menargetkan 36-40 orang untuk menjadi anggota Paskibra yang akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di lapangan kantor Bupati Kukar pada 17 Agustus 2024," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa proses seleksi dilakukan secara online melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka dengan pengawasan langsung dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Empat pelajar juga akan diikutsertakan dalam seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang kemudian akan melanjutkan seleksi untuk tingkat nasional. Seleksi ini melibatkan pertimbangan tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga dari segi mental.

"Dan untuk proses pusdiklat akan dimulai dari tanggal 15 Juli hingga 17 Agustus di asrama atlet Kukar. Kami berharap dari proses seleksi ini berjalan dengan lancar dan terpilih Paskibra terbaik." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top