• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono hadiri Peringatan Malam Nuzulul Qur'an 1445 H, di Masjid Agung Sultan AM Sulaiman Tenggarong, Kamis (28/03/2024) malam.

Dalam kegiatan ini menghadirkan penceramah Ustadz Rudini. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Dandim 0906 Kukar, Kapolres Kukar serta unsur Forkopimda Kukar lainnya, Kepala Kemenag Kukar, Ketua Baznas Kukar, jajaran pengurus Badan Pelaksana Masjid Agung dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan bantuan Paket Berkah Ramadhan dari Baznas Kukar untuk penggali kubur dan sebagian mustahiq.

Sekda Kabupaten Kukar Sunggono membacakan sambutan Bupati Kukar mengatakan, pada kesempatan yang penuh barokah ini, ijinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih, khususnya kepada seluruh Umat Musim di kabupaten Kutai Kartanegara, terkhusus kepada Para Alim Ulama, Tokoh masyarakat, Ustadz dan Ustadzah, atas dedikasinya mengabdikan diri dengan penuh kesabaran dan keikhlasan serta tanggungjawab, membimbing umat muslim untuk dapat mempelajari dan memahami serta mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari ajaran islam yang disampaikan oleh Rasullah Muhammad SAW sesuai tuntunan Al Quran dan Al hadist untuk mencapai tujuan keselamatan hidup yang di Ridhoi Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Ia menjelaskan, Nuzulul Quran sebagaimana kita peringati, pahami dan jalani bersama setiap Tahunnya adalah sebuah momentum bagi kita umat muslim untuk kembali mamantapkan dan memurnikan nilai-nilai Ketauhidtan kita yaitu agar umat manusia tidak menyekutukan Allah, tetapi meng-Esakan-Nya, agar umat manusia tidak jatuh kedalam kemusyrikan, sekaligus untuk menumbuhkan kembali rasa persaudaraan /ukhuwah/toleransi kepada sesama umat muslim dan sesama manusia Mahluk ciptaan Allah SWT.

"Maka dengan demikian Insha Allah kita akan mampu meraih hikmah keutamaan Nuzulul Qur'an, yakni kemuliaan dan keistimewaan dalam rangka mecapai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, selain itu juga seluruh umat islam dapat memahami Sejarah dan peristiwa turunnya Alqur'an dan sebagai edukasi mendekatkan diri kepada Alquran dengan lebih mencintai, memahami dan mengamalkan Alquran dalam aktivitas hidup sehari-hari," ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan, bahwa kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui program kerja Bupati Kukar Edi Damansyah selaku kepala daerah yang kita kenal dengan slogan "KUKAR IDAMAN" telah bertekad untuk mewujudkan Visi Kutai Kartanegara yang Berbahagia dan Sejahtera, dimana salah satu misi prioritasnya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlaq mulia, unggul dan berbudaya.

"Oleh sebab itu, maka perhatian dan dukungan Pemkab akan terus diberikan terhadap aktivitas syiar islam yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan demikian, Keberadaan dan kehadiran Peran Umat Muslim diharapkan juga dapat terlibat secara proaktif, dan mampu memberi Touladan serta sebagai cerminan bertindak dan berpikir secara komprehensif dan holistic dalam mengemban Amanah sebagai khalifah dimuka bumi yang dilandasi nilai nilai religius dan penguasaan IPTEK, yang tentunya akan sangat memperkuat integritas umat muslim sebagai Role Model Masyarakat yang Islami untuk dapat memperkuat pilar utama capaian kinerja Pembangunan Kualitas Sumber daya manusia yang unggul, berkahlaq mulia dan berbudaya, sesuai tuntunan Al'quran dan Al-Hadis sebagaimana ajaran islam yang disampaikan Baginda Rasullulah Muhammad SAW," paparnya.

Ia berharap, dalam rangkaian Peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H ini kami beserta jajaran pemerintah Daerah Kutai Kartanegara ini, bermaksud mengajak seluruh Umat Muslim untuk berpartisipasi aktif dan positif mendukung terealisasinya rencana Pembangunan pada Tahun 2024 ini, dengan terus menciptakan ketertiban dan kemanan dilingkungannya serta mensikapi segala Ancaman, hambatan dan tantangan dengan terus menciptakan semangat toleransi dan menjaga Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah sesama warga Masyarakat.

"Sehingga kita Bersama dapat bersungguh-sunguh berikhtiar membangun daerah kita ini, menjadi negeri yang penuh barokah dan Rahmat Allah SWT "Ba'datun tayibun warabbun goffuur," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top