• Selasa, 07 Juli 2020
logo
Pasang Iklan

Sebanyak 106 Kelompok Usaha Bersama Perempuan (KUBP) Kutai Kartanegara pada 2015 ini akan menerima bantuan dana penguatan modal usaha dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menurut Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kukar Hj Aji Lina Rodiah, melalui Kasubag Ahmad Sofyan Hamid Kasubag Pengarusataman Gender, mengatakan, jumlah 106 KUBP tersebut tersebar dari 15 kecamatan diwilayah Kutai Kartanegara.

"Program ini untuk terakhir masa pemerintahan Ibu Rita Widyasari," kata Ahmad Sofyan belum lama ini diruang kerjanya.

Dikatakan Ahmad Sofyan, ditetapkannya 106 KUBP Kukar setelah melewati proses verifikasi yang ketat dan teliti. Selain dilakukan proses verifikasi secara adminitrasi, pihak BKBP3A Kukar juga menggandeng lembaga independen yakni Lembaga Pendidikan, Pengembangan dan Konsultasi Bisnis (LP2KB) Samarinda, untuk ikut serta melakukan survey ke lapangan guna melakukan ferifikasi secara faktual.

"Dana yang dialokasikan untuk KUBP tahun ini mencapai Rp10,6 miliar. Setiap kelompok usaha itu mendapatkan dana bervariasi, mulai dari Rp5 juta sampai Rp30 juta," terangnya.

Saat ini kata Ahmad Sofyan sudah berlangsung proses pencairan kepada para kelompok usaha di Kukar, dan paling lambat nantinya awal Desember 2015 sudah terealisasi 100 persen.

"Sasaran dari bantuan ini memang diarahkan untuk pengembangan usaha perempuan, yang muaranya untuk kemandiian usaha perempuan, yang diharapkan akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat yang berujung terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara," ungkapnya.

Program dana bantuan KUBP ini kata Ahmad Sofyan sudah berlangsung sejak 2011 lalu, dan jikia total jumlah keseluruhan kelompok usaha bersama perempuan sampai 2015 ini mencapai angka 932 KUBP Kutai Kartanegara.

Dalam perjalananya, proses pelaksanaanya ini tidak semulus yang dibayangkan, karena diakui ada saja peserta KUBP yang akan “macet” mengembalikan dana bantuan tersebut.

"Namun tidak semua macet, presentasinya Cuma sedikit saja. Bahkan pada 2013 lalu, Pemkab Kukar mendapatkan penghargaan IGA 2013 dari Kementeriaan Dalam Negeri dari program bantuan dana KUBP Kutai Kartanegara ini," ujarnya. (boy)

Pasang Iklan Disini
Top