• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono saat memimpin apel peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Kukar)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sama seperti daerah lainnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara juga melaksanakan apel peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 dengan mengangkat tema Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, berlansung di Halaman kantor Bupati Kukar, Kamis (01/06/2023).

Apel tersebut dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono diikuti unsur Forkopimda, Para kepala OPD, Camat, Lurah, serta pasukan Kodim 0906 Kukar, Polres Kukar, Satpol PP, BPBD, Damkar, Dishub, ASN Pemkab Kukar, Pramuka dan Pelajar.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kukar Sunggono membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo mengatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai - nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga membangun bangsa dan negara yang baik. Nilai - nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

"Hari lahir Pancasila setiap 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Para pendiri negara yang telah berhasil mengindentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pegangan hidup yaitu Pancasila," ujarnya.

Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri lanjut Sunggono, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik pada masa dulu, Sekarang dan masa yang akan datang. Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid -19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa - bangsa lain di dunia.

"Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024, untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman dan damai," imbuhnya.

Selain itu, dikatakan Sunggono, angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada diatas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen. Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia, hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan mengaktualisasikan nilai - nilai luhur Pancasila.

"Pada moment peringatan hari lahir Pancasila 2023 ini, sekali lagi dia mengajak untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai - nilai yang terkandung didalamnya, mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote, terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban kedepan," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top