• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melaksanakan Safari Subuh Pemkab Kukar sekaligus pelepasan dan pembekalan Jamaah calon haji Kloter Kabupaten Kutai Kartanegara, di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Rabu (24/05/2023).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kukar H. Nasrun, Kabag Kesra Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza, Ketua Badan Pelaksana Masjid Agung H. muhammad Bisyron dan jajaran serta perwakilan jama'ah calon Haji Kutai Kartanegara.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara dan jajaran terhadap tugas pelayanan yang memang menjadi salah satu tugas Kementerian Agama Republik Indonesia dalam pelayanan haji," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan sambutan sekaligus arahan.

Edi Damansyah mengaku, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa upaya pemerintah bagaimana terus untuk meningkatkan kualitas pelayanan Haji ini menjadi fokus, kalau kita lihat pemerintahan di media nasional, bagaimana Menteri Agama dan jajaran tidak hanya berupaya bagaimana memperbaiki kualitas pelayanan, tapi juga bagaimana upaya untuk melakukan diplomasi kepada pemerintah Arab Saudi supaya Indonesia lebih besar mendapat kuota hajinya.

"Alhamdulillah dari perkembangan perjalanan pemberitaan yang kita ikuti, dari informasi tadi sudah disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kukar bahwa ada tambahan jumlah 531 kuota haji untuk Kabupaten Kutai Kartanegara," tuturnya.

Ia berharap, khususnya kepada seluruh petugas Haji yang diamanahkan tahun ini, baik itu tim pemandu, tim pembimbing, tim kesehatan dan lainnya saya minta tolong betul-betul dilaksanakan tugas dengan baik, usahakan tugas-tugas memberikan pelayanan haji saya berharap agar bersinergi dengan baik, walaupun tadi disampaikan memang kalau dilihat dari kebijakan tahun ini, Pemerintah melalui Kementerian Agama memang memberikan porsi yang lebih besar kepada orang-orang tua kita yang kategori lansia.

"Sehingga yang menjadi utama ibadah ini bisa berjalan dengan baik karena memang bisa dipahami dari 531 jamaah Kabupaten Kutai Kartanegara yang memang menjadi tugas teman-teman perangkat petugas, ini juga harapan saya bisa dikenali satu persatu apalagi yang kategori lansia itu. Dan mungkin yang ada memang catatan-catatan riwayat dari kampung halaman ini misalkan ada sakit-sakit, saya minta betul-betul dipahami, dikenali, di daftar dengan baik sehingga ini bisa dilakukan saat menunaikan ibadah haji," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa apa yang sudah diberikan bimbingan dari Kantor Kementerian Agama Kukar bahwa rangkaian tahapan manasik juga sudah dilaksanakan dengan baik. Semoga rangkaian-rangkaian bimbingan ini juga tetap dilakukan dengan baik, dilakukan dengan disiplin dengan baik, karena memang harapannya idealnya kerja bersama komunikasi yang baik itu salah satu juga menentukan tugas teman-teman kami yang ditetapkan selaku perangkat petugas ini.

"Kami juga minta kepada jama'ah calon Haji Kukar untuk do'akan untuk Indonesia khususnya Kabupaten Kukar agar tetap dijaga dan dijauhkan dari bencana, kami juga minta masyarakat Kukar mendoakan para jamaah calhaj Kukar agar selama beribadah haji diberikan kekuatan, kesehatan, kemudahan dan kembali dalam keadaan selamat dan mendapat predikat haji yang Mabrur," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara H. Nasrun dalam laporannya menuturkan, untuk jumlah jemaah calon haji kukar tahun ini sebanyak 531 orang, terdiri dari laki-laki 226 orang dan perempuan 305 orang. Dari jumlah 531 diantaranya lansia sebanyak 29 orang dan yang menggunakan kursi roda ada 40%.

"Untuk jama'ah calon Haji Kukar paling tua 87 tahun yakni Jemma Sarela Abdul Latif dari Kecamatan Marang Kayu dan paling muda 21 tahun Lam Fauziah Sukma dari Kecamatan Tenggarong," ucapnya.

Untuk diketahui, jadwal keberangkatan jamaah calon Haji Kukar dimulai Kloter 3 dengan jumlah 299 orang pada Minggu 28 mei 2023, jam 16.00 terima embarkasi dengan lansia 11 orang, kemudian Kloter 7 jumlah 46 orang berangkat Sabtu 3 Juni 2023 didampingi DT Nurul Salamah dengan jumlah lansia 1 orang. Berikutnya Kloter 18 jumlah 67 orang berangkat Minggu 18 Juni 2023 pendamping Harunurrasyid dengan lansia 2 orang, terakhir Kloter 20 jumlah 127 orang berangkat Rabu 21 Juni 2023 pendamping H. Anwar dengan lansia 13 orang. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top