• Rabu, 24 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kades Sebulu Ulu Zul Haidir)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan desa mandiri adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja, menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat, memberikan kemudahan akses usaha, dan tentunya meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

Untuk itu setiap Desa di Kukar kini memiliki BUMDes, salah satunya Desa Sebulu Ulu Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Desa (Kades) Sebulu Ulu Zul Haidir mengatakan, di Desanya telah memiliki BUMDes bernama 'Karya Bersama Sebulu Ulu", yang kini mengembangkan usaha penyaluran Tabung Gas dan lainnya terutama berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.

"Pendirian BUMDes ini sudah ada sebelum saya menjabat Kades, dan sudah terdaftar dan telah mendapatkan persetujuan oleh Kementerian," ujar Zul Haidir, Sabtu (20/05/2023).

Ia mengaku, dengan adanya BUMDes ini kami ingin memberikan sesuatu kepada masyarakat. Istilahnya supaya program pemerintah bisa tersampaikan, yang intinya untuk kesejahteraan masyarakat.

Zul Haidir menambahkan, dipilihnya salah satu unit usaha tabung gas ini, awalnya karena masyarakat kerap kesulitan mendapatkan gas 3 kilogram terutama di toko-toko, sehingga kami inisiatif untuk membuka unit usaha penyaluran tabung gas.

"BUMDes ini sudah berjalan lama di bidang kebutuhan masyarakat seperti penyediaan tabung gas, dan kita salurkan ke toko-toko agar setiap toko tidak lagi kekurangan stok tabung gas, rencana dikembangkan itu banyak hanya kami terkendala biaya," tuturnya

Kini lanjutnya, prospek usaha yang dijalankan BUMDes pelan tapi pasti sudah dirasakan masyarakat. Pemerintah Desa Sebulu Ulu berencana untuk mengembangkan usaha tabung gas tersebut dengan mempeluas jangkauan penjualan, sehingga skala usaha BUMDes semakin besar. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top