• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Edi Damansyah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah terus mendorong kepada generasi muda untuk mengelola usaha di sektor pertanian. Upaya ini dilakukan mengingat peluang usaha di sektor pertanian sangat besar.

Edi Damansyah mengungkapkan dalam mengembangkan pertanian, ada petani milenial namanya. Biak itu melalui Pemkab Kukar, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melalui Klinik Wirausaha itu juga memberikan pelatihan-pelatihan dibidang pertanian.

"Jadi sektor pertanian ini harus dikelola oleh generasi muda. Seperti yang selalu saya sampaikan, bahwa sektor pertanian hari ini itu sudah bergeser kepada teknologi dan manajemen." ucap Edi belum lama ini.

Dikatakan Edi, jika bicara teknologi dan manajemen ini siapa yang mengelolanya, anak muda. Orang tua banyak pertaniannya masih tradisional segala macam. Jadi ini yang harus di transformasi dengan baik, walaupun memang tidak bisa bergerak cepat.

"Tapi alhamdulilah waktu kita diberikan cobaan pandemi covid 19 sektor lain itu stag bahkan ada yang kolep, sektor pertanian terus tumbuh." ujarnya.

Berdasarkan data statistik menunjukkan, bahwa peningkatan sektor pertanian dalam arti luas menjadi sektor andalan. Contohnya kurang lebih 45 persen beras kebutuhan Kaltim itu dari Kukar. Kemudian pertanian hortiknya Kukar itu unggul di 9 Kabupaten /Kota di Kaltim. Karena tiga tahun berturut turut ini selalu mendapat panji keberhasilan dibidang pembangunan pertanian hortikultura Pemprov kepada Kukar.

Ini menjadi salah satu unggulan di Kukar, persiapannya sudah banyak dorongan Pemkab Kukar kepada kelompok-kelompok tani pemuda milenial ini sudah bergerak.

"Saya selaku ketua KTNA Kabupaten Kukar terus mendorong KTNA di Kecamatan bagaimana membuat kelompok-kelompok tani pemuda itu terus tumbuh di wilayah kecamatan. Insyallah ini terus bergerak."jelasnya.

"Saya terus berharap sektor pertanian menjadi peluang kerja khusus bagi pemuda yang ada di Kukar. Karena di dalam RPJMD kita 2021-2026 itu sektor pertanian ini menjadi andalan kita selain pariwisata dan ekonomi kreatif." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top