• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TARAKAN (KutaiRaya.com) - Dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib), Lapas Kelas II A Tarakan dan Jajaran Satuan Pengamanan Melaksanakan Razia/Sidak pada kamar hunian, tepatnya pada Blok Hunian Echo (Anak) pada kamar 4 dan 5, Jum'at (12/05/2023) malam.

Razia tersebut di pimpin Kalapas Kelas IIA Tarakan Mohammad Ridwantoro, juga dihadiri Ka. KPLP Lapas Kelas II A Tarakan Bobby Cahya Permana, Kasi Minkamtib Lapas Kelas II A Tarakan Nanang Rujiansyah, Kasubsi Keamanan Lapas Kelas II A Tarakan Marthen Buri, Kasubsi Pelaporan dan Tatatertib Lapas Kelas II A Sri Mulyadi dan jajaran pengamanan, berlangsung mulai pukul 19.00 sampai 21.00 Wita.

Menurut Kalapas Mohammad Ridwantoro, kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kewaspadaan terkait deteksi dini Keamanan dan ketertiban pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan khususnya.

"Kegiatan razia seperti ini sangat berpengaruh pada keamanan dan ketertiban serta mencegah gangguan kamtib di Lapas Kelas II A Tarakan. Pelaksanaan kegiatan pada Lapas Kelas II A Tarakan ini juga sebagai bentuk penerapan P4GN," ujarnya.

Adapun hasil yang diperoleh saat razia diantaranya yakni di Blok Hunian Echo (Anak) Kamar 4 ditemukan 1 Buah Rangkaian Tali, 1 Unit Terminal Rakitan, 1 Unit Steker Listrik dan 3 Buah Benda Tajam.

"Sedangkan hasil razian Blok Hunian Echo (Anak) Kamar 5 ditemukan 1 Unit Handphone Android 1 Unit Kabel Charger, 1 Buah Benda Tumpul (Besi) dan 2 Unit Kepala Charger," tuturnya.

Mohammad Ridwantoro mengatakan, salah satu tujuan kegiatan razia atau penggeledehan sejumlah kamar narapidana juga untuk menciptakan kebersamaan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas yang merujuk pada penguatan tugas dan fungsi keamanan.

"Harapannya dari Kegiatan ini adalah semoga Lapas Tarakan selalu dalam keadaan kondusif dan Aman, Terhindar dari Gangguan Kamtib dan untuk Berita Acara dan Barang Bukti selanjutnya akan dilakukan serahterima dengan Kamtib," paparnya.

Sementara itu, Ka KPLP Lapas Tarakan Bobby Cahya Permana menambahkan, pihaknya akan terus komitmen dalam hal Kegiatan sidak/razia kamar hunian yang sudah dilaksanakan secara rutin.

"Dalam kegiatan ini sasarannya yakni melaksanakan kegiatan pencegahan gangguan KAMTIB di lingkungan Lapas Kelas II A Tarakan. Menjaga Keamanan dan meminimalisir potensi masalah dan melaksanakan P4GN (Pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba)," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top