• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Normalisasi sungai menjadi salah satu upaya untuk mengatasi banjir

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana menormalisasi sungai yang ada di Kecamatan Muara Kaman. Upaya ini dilakukan mengatasi terjadinya banjir dilahan pertanian khususnya persawahan, dan penting adanya saluran irigasi yang memadai.

Kepala Distanak Kukar, Sutikno, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sapras) Distanak Kukar, Muh Rifani, mengatakan normalisasi sungai ini akan dilakukan dari Desa Panca Jaya sampai ke Desa Manunggal Daya. Upaya ini diharapkan mampu menunjang suksesnya kawasan pertanian di Kecamatan Muara Kaman.

Dan normalisasi sungai ini akan dilakukan pada APBD Kukar 2023. Dimana Distanak Kukar akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bidang SDA Kukar dan Kodim 0906 Kukar

"Tapi yang fasilitas dari Distanak, makanya beberapa waktu lalu telah dilaksanakan rapat di Distanak Kukar. Dari hasil rapat itu untuk pengerjaan normalisasi sunga akan kita kerjakan di perubahan." kata Rifani.

Ia menyebut adapun sungai yang akan dinormalisasi ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 12,9 kilometer. Akan tetapi, itu baru telaah berdasarkan peta. Minggu depan Distanak bersama Bidang SDA PU Kukar dan Kodim 0906/Kukar baru akan melakukan pengecekan lokasi.

"Supaya nanti bisa diperhitungkan mana pengerjaan yang manual mana dan yang pakai alat berat." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top