• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Thauhid Aprilian Noor

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pada momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Thauhid Aprilian Noor mengajak seluruh pihak untuk memerhatikan pentingnya dunia pendidikan.

Hal ini ia sampaikan usai mengikuti upacara peringatan Hardiknas di halaman Kantor Bupati Kukar, Selasa (2/5/23).

Thauhid mengatakan seiring dengan berjalan waktu, kunci dalam dunia pendidikan adalah guru. Dan ada bahasa dari Ki Hajar Dewantara itu Ing Ngarso Song Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, dan Tutwuri Handayani. Itu menjadi semboyan yang dipakai oleh kementerian pendidikan, sampai pada leading sektor di Dinas Pendidikan.

"Cuman perlu diingat bahwa, kunci suksesnya dunia pendidikan itu tidak hanya ada di guru. Tapi juga ada di orang tua. Pendidikan itu kuncinya bukan hanya di pemerintah melalui dinas pendidikan, kementrian, guru maupun juga satuan pendidikan. Tapi juga kuncinya ada di masing-masing orang tua peserta didik." ucapnya.

Mengingat banyaknya anak putus sekolah. Itu juga menjadi penting bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya agar terus bersekolah.

Menurutnya, sebaik apapun sistem pendidikan dirancang, jika peserta didik tidak mendapatkan dukungan dari keluarga. Untuk terus melanjutkan pendidikan, maka ini akan berpengaruh, pada mental anak dalam menuntut ilmu dibangku pendidikan.

"Dan orang tua juga punya peran penting untuk mendidik anaknya, agar terus melanjutkan pendidikan. Jadi kita semua punya peran penting dalam mensukseskan pendidikan di Kukar."tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top