• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Jembatan Sambera)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin memastikan, perbaikan Jembatan Sambera akan diperkuat secara permanen dan diperkirakan memakan anggaran sebesar Rp 13 Miliar, yang bersumber dari APBD Kukar 2023.

Ia mengatakan, bulan depan proses lelang akan dilakukan guna dapat segera melakukan perbaikan Jembatan Sambera.

"Insya Allah sudah kita aggarkan penanganan permanen jembatan tersebut, di minggu ke-3 bulan depan saya minta paling lambat PU segera lelang, dan kami juga minta Dinas PU untuk menguji dengan baik penanganannya agar tepat," tutur Rendi Solihin kepada awak media belum lama ini.

Ia mengaku, Jembatan Sambera yang terletak di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak ini tergolong vital, selain digunakan untuk aktivitas sehari-hari masyarakat setempat, jembatan tersebut merupakan akses penghubung kesejumlah lokasi wisata di Muara Badak, serta salah satu akses menuju Kota Bontang.

"Namun, jembatan yang sempat diperbaiki pada 2021 kini kondisinya memprihatinkan. Jika tidak segera diperbaiki, bukan tidak mungkin bisa jatuh korban jiwa, " ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPU Kukar, Restu Irawan menambahkan, jembatan sepanjang 60 meter tersebut nantinya akan diperkuat guna dapat kembali dilintasi. Untuk membangun jembatan baru, setidaknya dibutuhkan anggaran sebesar Rp 25 Miliar.

"Oleh karena itu, kita lakukan efisiensi dengan memaksimalkan kondisi jembatan yang masih layak, dengan memperkuat, lalu di permukaan jembatan akan diaspal. Pekerjaan diperkirakan memakan waktu 5-6 bulan, dengan target akhir 2023 sudah bisa dipergunakan, " tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top