• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Desa Pela Kecamatan Kota Bangun

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terpilih mewakili Kukar untuk mengikuti Ajang Kalpataru Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023.

Diketahui, penghargaan Kalpataru merupakan bentuk apresiasi tertinggi dari pemerintah kepada individu atau kelompok masyarakat berjasa dalam melindungi dan menyelamatkan lingkungan hidup.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, Alimin mengatakan setelah menerima Kalpataru untuk tingkat Kabupaten Kukar , Desa Wisata Pela, akan kembali diikutsertakan ke ajang penghargaan Kalpataru tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023.

Hal ini telah melalui tahapan, adanya kunjungan dari tim verifikasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar yang akan mengikutkan sebagai perwakilan Kabupaten Kukar.

"Adapun kategori yang didaftarkan kali ini tentang penyelamatan lingkungan, pengawasan ilegal fishing, konservasi pesut mahakam, desa ramah lingkungan dan penanaman pohon." ungkapnya.

Dan semua kategori itu sudah dilaksanakan serta terdokumentasi dengan baik. Penilaiannya itu pun dilakukan lebih oleh DLHK Kukar,

Alimin mengungkapkan, dari tahun 2018 pengawasan ilegal fishing itu sudah dikerjakan dan dilakukan. Termasuk dengan larangan membuang sampah di sungai. Tujuan dilarangnya tersebut untuk menghindari pencemaran lingkungan di sekitar Sungai Mahakam sekaligus menjaga konservasi habitat pesut mahakam.

"Peraturan Desa (Perdes) tentang lingkungan yang dikeluarkan langsung oleh Kepala Desa, baik itu ilegal fishing, penanaman pohon dan konservasi pesut atau pelindung pesut," jelasnya.

Ia menyebut berbagai dokumen untuk mengikuti penghargaan Kalpataru semua sudah diserahkan ke DLHK Kukar. Apabila nanti ada yang salah dan harus diperbaiki, maka akan segera diinformasikan untuk segera dibenahi.

"Insyaallah sudah lengkap (dokumennya), terlampir juga peraturan desa tentang lingkungan. Kalau kita lolos di Kalpataru Provinsi, nanti kita lanjut ke Nasional," tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top