• Selasa, 06 Juni 2023
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Plt Disnakertrans Kukar Muhammad Hatta

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal menggelar pelatihan mekanik alat berat usai lebaran.

Hal ini disampaikan Plt Disnakertrans Kukar Muhammad Hatta.

Ia mengatakan bahwa pelatihan ini rencana akan digelar dilaksanakan di Balikpapan, Disnakertrans bekerjasama dengan PT ERM (Edukasi Reksa Manajemen). Setelah pelatihan selesai peserta bisa langsung kerja.

"Bupati Kukar Edi Damansyah menginginkan, jangan sampai kita mencetak, melatih orang tapi tidak kerja. Itu yang kami kejar, karena kebetulan PT.ERM ini punya site se-Indonesia."ujar M Hatta Kamis (30/3/23).

Sementara untuk pelatihan ini akan diselenggarakan dalam 3 angkatan, masing-masing angkatan terdiri dari 20 orang, jadi 60 orang totalnya. Dari total peserta yang mengikuti pelatihan di ambil 30% dari data DTKS, baru nanti sisanya umum. Namun setiap kecamatan ada jatah, supaya merata.

Sedangkan untuk pesertanya sendiri sudah ada tinggal di seleksi administrasi, karena ada beberapa kategori minimal, ada syarat-syarat seperti tinggi badan, kesehatan, dan lainnya. Biasnya yang diminta dari lulusan SMA IPA atau SMK, dan untuk pendaftarannya sudah di buka beberapa waktu lalu di Sangasanga.

"Harapan kita dengan adanya pelatihan ini sesuai dengan program pak Bupati yakni Kukar Siap Kerja, kita akan bekerja semaksimal mungkin melaksanakan kegiatan ini karna targetnya kan 6000 orang dari 2021-2026. Memang tidak semua diselesaikan oleh Disnaker karena ada juga yang dilaksanakan oleh Dinas lain, juga termasuk perusahaan melalui CSR." ujarnya.

Kemudian dengan adanya pelatihan ini juga bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Kukar, itu yang utama supaya anak muda bisa bersaing nanti pada saat IKN datang. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top