• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kabag Kesra Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Salah satu Misi Kutai Kartanegara 2021 - 2026 dibawah kepemimpinan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin, yang kedua yakni meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

Maka tahun ini Pemkab Kukar melalui Bagian Kesra kembali melaksanakan program 50 Da'i yang dilatih dalam rangka pelaksanaan program Da'i Masuk Desa di Kutai Kartanegara.

Ditemui diruang kerjanya, Kabag Kesra Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza mengatakan, program da'i masuk Desa tersebut dari Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dalam menunjang pembinaan mental spritual masyarakat Kukar

"Tahun ini pelaksanaan program Da'i ini sudah masuk angkatan ke empat, fokusnya di tahun sebelumnya untuk di 193 Desa dan 44 Kelurahan di 18 Kecamatan, dan tahun ini seleksinya di akhir tahun di 20 Kecamatan, " ujar Dendy Irwan Fahriza, Rabu (29/03/2023).

Ia mengaku, kalau 50 targetnya setiap tahun di kalikan 5, maka ada 250 orang Da'i yang bisa mensyi'arkan agama Islam dan mengajarkan masalah agama, baik di Desa, Kelurahan maupun Kecamatan di Kukar.

"Setiap tahun ada 50 Da'i, dan seleksinya kita menggunakan fasilitas di LPTQ Kukar, ada 5 orang narasumber yang memang ahli di bidang keagamaan melakukan seleksi tersebut, " tuturnya.

Dendy menjelaskan, untuk pendaftaran calon peserta Da'i dilaksanakan pada bulan September sampai November setiap tahunnya. Pelatihan Da'i juga dilaksanakan di LPTQ Kukar selama sekitar 12 hari.

"Dan pelatihan ini kami maksudkan mulai dari Ilmu-ilmu dasar, jadi mereka siap ketika kembali ke masyarakat. Memang pelatihan ini kita akui terlalu singkat karena terkait pembiayaan, " imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk Da'i sudah disebar hampir diseluruh Kecamatan, hanya yang belum optimal di dua Kecamatan baru belum ada serta di wilayah hulu seperti Kecamatan Tabang.

"Kalau wilayah lain kadang di satu wilayah ada 3 sampai 4 Da'i dan peminat paling banyak Da'i ini di wilayah pesisir, " pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top