• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kukar, Dendy Irwan Fahriza

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) bakal membuka pendaftaran beasiswa Kukar Idaman mulai April 2023 ini. Beasiswa tersebut yakni beasiswa guru, stimulan, santri, dan beasiswa kerjasama.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kukar, Dendy Irwan Fahriza mengatakan bahwa program beasiswa ini telah dianggarkan dengan total kurang lebih Rp 20 miliar. Terdiri dari Beasiswa 1000 Guru Sarjana sebesar Rp 4,5 miliar, Beasiswa Stimulan D4/S1 Rp 2,4 miliar, Beasiswa Santri Lanjut Perguruan Tinggi Rp 3 milar, Beasiswa Santri Ponpes Rp 1,5 miliar, dan Beasiswa Kerjasama/Tematik sebesar Rp 9 miliar.

"Insyaallah di April ini mulai dibuka pendaftarannya, karena sekarang lagi proses untuk perubahan perbup 5 tahun 2022 tentang beasiswa Kukar Idaman. Jadi ada penyesuaian sesuai evaluasi dari implementasi perbup itu di tahun 2022. Dan ada beberapa pasal yang dilakukan perubahan."kata Dendy Jum'at (17/3/23).

Adapun perubahan Perbup, Dendy menyebut Senin ini sudah mulai naik untuk persetujuan Bupati. Biasanya proses itu dari Bupati masuk ke bagian hukum, setelah itu baru penetapan.

"Target kami mulai pendaftaran bulan April, dan nanti bukan hanya sekedar diumumkan, tapi kami akan melakukan pendampingan berupa sosialisasi di sekolah-sekolah. Kemudian beasiswa yang 100 guru sarjana kami mau lakukan pendampingan kepada calon penerima yang guru non PNS itu, untuk melakukan upload data-data by sistem di aplikasi."ujarnya.

Kemudian untuk sosialisasi ke sekolah nanti akan melibatkan perguruan tinggi yang berkerjasama dengan Pemda, ada PTIQ, IIQ, AKMI, STT Telkom, dan Pertanahan. Jadi komperhensif nanti banyak pilihan dari anak-anak yang di SMA, SMK , dan sederajat yang nantinya untuk diseleksi.

Sementara untuk tahun ini Beasiswa Stimulan itu kuotanya ada 800, kalau stimulan bisa langsung mendaftar, dengan persyaratan yang ada di sistem. Nanti akan dibuka semua secara serentak. Sebelumnya pada 2022 itu ada 200 targetnya, namun capaiannya ada di 213. Sisanya 1000 guru sarjana ada 800 kuota ini terbagi 600 guru PAUD, SD, SMP. Kemudian sisanya 200 itu guru Kemenag dari Kementerian Agama.

"Kami berharap program beasiswa Kukar Idaman mendapat antusiasme dari warga masyarakat, pelajar, pemuda untuk ikut mendaftar. Karena evaluasi kami di tahun 2022 itu sangat kurang responnya mungkin karena juga kami yang kurang sosialisasi. Jadi harapan kami di tahun kedua ini antusiasmenya dari pelajar, mahasiswa, untuk mendaftar program ini, sehingga untuk visi kedua penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berbudaya dan berakhlak mulia itu bisa terwujud." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top