• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelantikan Anggota Panwascam Samboja Barat dan Kota Bangun Darat

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah 18 Pengawas Pemilihan Umum tingkat Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dilantik, kini menyusul dua Kecamatan Pemekaran yakni Samboja Barat dan Kota Bangun Darat resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Kukar, Mohammad Rahman.

Sebanyak 6 anggota Panwascam dari dua Kecamatan tersebut diambil sumpah dan dilantik bersamaan di Hotel Elty Lesung Batu Tenggarong, Kamis (9/3/23).

Ketua Bawaslu Kukar Mohammad Rahman melalui Komisioner Bawaslu Kukar, Ali Mukid menyebutkan setelah pelantikan mereka akan mengikuti bimtek.

"Setelah dilantik dan mengikuti bimtek mereka langsung bertugas. Dan secepatnya mereka harus melengkapi struktur organisasinya, melengkapi tenaga administrasi, mendapatkan kantor, sekretariatan, dan staf pendukung lainnya." ungkap Ali Kamis (9/3/23).

Kemudian mereka berkewajiban untuk membentuk Panwas kelurahan/desa, karena di dua kecamatan itu belum ada, dikarenakan kewenangannya ada di Panwas Kecamatan. Dimana panwascam nya baru terbentuk Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) itu belum ada disana,

Ia mengatakan, selama ini tugas-tugas pengawasan itu diambil alih oleh Bawaslu Kabupaten, seperti pengawasan Coklit di wilayah kecamatan pemekaran itu, Bawaslu Kabupaten yang mengawasi langsung. Namun setelah ada pelantikan ini maka kewenangan itu dilimpahkan menjadi tanggung jawab Panwaslu Kecamatan.

"Harapannya mudah-mudahan mereka dalam pelaksanaan tugasnya itu dimudahkan, kemudian dapat dengan segera melaksanakan tugas-tugas pengawasan di wilayahnya masing-masing." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top