• Senin, 30 Maret 2020
logo
Pasang Iklan

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasri secara resmi membuka perhelatan akbar tahunan Musabbaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Kabupaten yang berlangsung di Kecamatan Marang Kayu selasa (24/3/2015) malam.


Pembukaan tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Kukar Rita Widyasri didampingi Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, Ketua DPRD Kukar Salehuddin S.Fil, KepalaKejari Tenggarong Bambang Hariyanto,Camat Marang Kayu Rekson Simanjuntak. Dilanjutkan dengan penyerahan piala bupati bergilir dari juara umum Kecamatan Tenggarong kepada Bupati Kukar, selanjutnya diserahkan kepada LPTQ dan kemudian diterima oleh Camat Marang Kayu sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Kabupaten.


Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengatakan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Quran. Upaya yang dilakukan menurut Rita, tidak boleh berhenti sampai disini. Melainkan kegiatan yang bersifat kolosal dan sarat dengan syiar Islam ini menjadi sia-sia dan percuma saja apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh dalam kehidupan masyarakat.


"Pemkab Kukar sebagai salah satu komponen yang turut bertanggungjawab atas tugas mulia memasyarakatkan Al-Quran, tentunya tidak akan berpangku tangan,"katanya.


Menurut dia, pemerintah turut berupaya melalui kerjasama dengan lembaga dan instansi terkait lainnya, bertekad untuk terus mengawal dan memfasilitasi lahirnya qori’qoriah, hafidz-hafidzah, murattil-muratillah dan mufassir-mufassirah yang berkualitas dan berprestasi.


"Tujuan dari semua ini adalah terciptanya masyarakat Kutai Kartanegara yang madani, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, sebagaimana cita-cita "Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera"sebagai grand strategi pembangunan daerah yang kita cintai," ujarnya.


Ditambahkan Rita, Al-Quran adalah kalam Allah yang diturunkan sebagai mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran diturunkan untuk menjadi pengangan bagi umat manusia yang ingin mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akherat. Al-quran memberikan inspirasi yang tidak pernah kering, semakin kita dalami kitab suci ini, kita akan semakin yakin akan kebenaran firman Allah SWT.


"Untuk itu saya mengapresiasi kepada LPTQ Kutai Kartanegara, Camat Marang Kayu beserta jajarannya termasuk masyarakat serta pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQ ini," katanya.


Sementara Ketua Umum Penyelenggaraan Kecamatan MTQ yang juga Camat Marang Kayu Rekson Simanjuntak mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama 7 hari mulai 22 s/d 28 Maret 2015 dibagi menjadi beberapa lokasi kegiatan lomba.


"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Quran. Tujuannya adalah menyeleksi qori-qoriah di tingkat kabupaen yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi Kaltim," katanya.
(rid)

Pasang Iklan Disini
Top