• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun bersama Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan Bupati Kukar Edi Damansyah saat hadir pada upacara perigatan peristiwa Merah Putih ke 76)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua DPRD provinsi Kalimantan Timur Muhammad Samsun menghadiri upacara peringatan peristiwa merah putih ke 76 di Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jum'at (27/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, politisi PDIP ini mengatakan, upacara peringatan ini untuk menjaga semangat perjuangan dan semangat patriotisme bangsa Indonesia pada umumnya dan rakyat Kukar dan Kaltim pada khususnya.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dalam rangka untuk mengenang jasa para pahlawan. Kita juga berharap, Sanga-Sanga ke depan bisa menunjukan bahwa sebagai kota juang, yang bukan hanya peringatan rutinitas, seperti yang telah berlangsung saja melainkan ditunjukan dengan momentum atau ikon tertentu dalam bentuk sebuah patung ataupun icon yang bisa mengenang jasa pahlawan," terang Samsun.

Samsun juga mengharapkan, pemerintah Provinsi Kaltim dapat membuat agenda event atau kegiatan yang mendukung bahwa Sanga-sanga sebagai Kota Juang.

Untuk diketahui, setiap tanggal 27 Januari merupakan hari sejarah Indonesia terutama di Kaltim khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tepatnya di Kecamatan Sanga-Sanga.

Karena di wilayah ini, selalu memperingati peristiwa merah putih, dan berawal ketika tentara Belanda (NICA) pada tahun 1945 mencoba mengusai Sangasanga seutuhnya, yang dikenal dengan kekayaan akan sumber minyak dan membuat rakyat melawan tentara Belanda.

Atas peristiwa tersebut, maka di peringati setiap tanggal 27 Januari dan Tahun 2023 ini momen tersebut telah genap berusia 76 tahun. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top