• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





BALIKPAPAN (KutaiRaya.com) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mulai dilaksanakan Universitas Balikpapan (Uniba), kali ini KKN yang diikuti sekitar 500 Mahasiswa Uniba dilaksanakan diwilayah mitra Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kota Balikpapan.

Dosen pendamping dari kelompok tersebut, Rinto mengatakan, pelaksanaan KKN diwilayah mitra IKN ini sebagai realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mana para mahasiswa akan berfokus utnuk membantu masyarakat dalam sektor ketahanan pangan dan UMKM.

"Hingga saat ini sudah 500 mahasiswa Uniba yang dilepas. Kami membaginya dalam beberapa kelompok, diantaranya kelompok 18A dan 18B angkatan gelombang XIII yang ditempatkan di Kelurahan Kampung Lama, Kecamatan Samboja, Kukar," jelas Rinto.

Untuk pelaksanaan KKN kali ini lanjut Rinto, pihaknya mengangkat tema berkaitan ketahan pangan dan UMKM.

"Sesuai arahan Rektor UNIBA bahwa pelaksanaan KKN harus memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan IKN, oleh karenanya masyarakat harus di bina secara baik," imbuhnya.

Sementara itu, ketua kelompok KKN Devita mengaku, dalam kegiatan KKN kali ini beragam program konkret telah direncanakan dan siap dikerjakan. Seperti, memanfaatkan halaman rumah warga, para mahasiswa kampus orange melaksanakan program pemberian bibit sayur mayur hingga membantu proses penanamannya.

Kemudian memberikan pelatihan digitalisasi pemasaran terhadap produk - produk UMKM yang di hasilkan oleh masyarakat Kelurahan Kampung Lama.

"Dalam satu bulan kedepan kami akan memaksimalkan program yang telah disusun, kami telah memetakan beberapa potensi yang dapat di kembangkan, selain ketahan pangan dan UMKM, potensi wisata juga menjadi program tambahan yang akan kami kerjakan," terangnya.

Terpisah, Lurah Kampung Lama, Yudiansyah mengapresiasi tujuan kegiatan mahasiswa tersebut, ia berharap para peserta kelompok dapat bersinergi dengan masyarakat sekitar sehingga dapat menyelesaikan semua program dengan baik.

"Kami menyambut baik dan saya telah menerima proposal kegiatan mahasiswa KKN, semoga pelaksanaan KKN dapat berjalan sesuai rencana yang telah disusun dan juga sesuai kemampuan rekan - rekan mahasiswa," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top