• Minggu, 05 Februari 2023
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kondisi Jembatan Kayu Batu Muara Muntai Kukar yang rusak.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Terkait rusaknya jembatan di Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai beberapa waktu lalu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merespon keluhan masyarakat, dengan menyiapkan dana sebesar Rp 400 juta pada APBD 2023 untuk memperbaiki jembatan yang rusak.

Jembatan yang rusak tersebut merupakan jalur utama akses utama menuju Muara Muntai. Oleh karena itu masyarakat sangat mengharapkan adanya perbaikan segera dari pemerintah, agar memperlancar arus lalulintas masyarakat.

Kabid Bina Marga, Dinas PU Kukar, Restu Irawan mengatakan dalam waktu dekat ini Dinas PU akan segera memperbaiki jembatan kayu tersebut. Adapun perbaikan berupa pembangunan jembatan kecil untuk kendaraan roda dua. Untuk lokasi perbaikannya masih berdekatan dengan jembatan yang rusak,

"Sementara untuk perbaikan jembatan skala permanen diperkirakan bakal memakan biaya sekitar Rp18 miliar, dengan bentang jembatan sepanjang 30 meter. Dan ini telah masuk dalam rencana perbaikan dengan empat jembatan lainnya di Muara Muntai." ungkap Restu.

Restu mengungkapkan, perbaikan jembatan tetap menggunakan struktur kayu. Namun pembangunannya bakal diperkuat dengan menggunakan pipa baja untuk kaki-kaki jembatan. Dan untuk bibir tanah bakal dilakukan penurapan.

"Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya pergeseran tanah yang menyebabkan pondasi dan kaki jembatan rusak dan amblas." jelasnya.
(*dri)

Pasang Iklan
Top