• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Suasana pelaksanaan wisuda mahasiwa Unikarta yang dihelat di gedung PKM Tenggarong Seberang.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 251 mahasiswa Pascasarjana (S2) dan Sarjana (S1) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) jalani wisuda, bertempat di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Selasa (10/1/23).

Dalam Rapat Terbuka Wisuda Pascasarjana (S2) ke-23 dan Sarjana (S2) ke-39 berjalan dengan lancar. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden, dan dihadiri Sekertaris Daerah Kukar Sunggono, para guru besar Unikarta, serta para Dekan Fakultas.

251 mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 34 Magister dan 217 Sarjana, diantarannya Fakultas Hukum 31 orang, Teknik Pertambangan 4 orang, Agribisnis 10 orang, Agroteknologi 11 orang, Agama Islam 38 orang, Manajemen 56 orang, Ilmu Administrasi Negara 46 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 5, dan Teknologi Pendidikan 7 orang.

Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden menyampaikan selamat begi mahasiswa yang telah diwisuda pada tahun 2023 ini. Unikarta terus berbenah di tahun 2022 agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

"Harapan saya mereka setelah wisuda ini segera bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi yang punya skill atau punya usaha, kemudian juga bagi yang memang sudah berusaha untuk bisa mengembangkan usahanya." kata Prof Ince Selasa (10/1/23).

Kemudian ia juga berharap, tidak terlalu lama paling tidak kurang dari 6 bulan mereka sudah bisa bekerja gitu bekerja dan penginnya mereka tidak hanya mengejar sebagai tenaga honorer atau menjadi PNS, tapi mereka berusaha untuk bisa membuka lapangan kerja baru.

Prof Ince mengungkapkan kedepan akademisi sendiri optimis dalam memberikan pelayanan dan ilmu maksimal dan semua itu berproses. Oleh karena itu untuk membentuk suatu sumber daya manusia harus dirancang secara terstruktur dengan baik. Kemudian setelah mereka masuk ke Unikarta, harus ada proses akademik yang dikuatkan dari kurikulum. Dikuatkan dari pelatihan, kemudian mereka ikut kaderisasi kepemimpinan.

"Mereka juga harus bisa mengeluarkan semua talenta talentanya agar supaya itu muncul di permukaan, sehingga nanti dengan atmosfer akademik yang berkembang waktu ke waktu dan bisa eksis di tengah-tengah masyarakat. Dan outputnya kita harapkan mereka mendapatkan pengakuan dari masyarakat terutama alumni Unikarta." ungkapnya.

Sementara Sekertaris Daerah Kukar Sunggono menyampaikan selamat kepada Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana dan seluruh Civitas Akademika atas telah di luluskanya sebanyak 251 orang wisudawan/wisudawati dalam prosesi wisuda hari ini.

"Kami turut bergembira karena wisudawan/wisudawati hari ini bukan hanya berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara, tetapi ada juga yang berasal dari Kabupaten Kutai Barat, Kota Samarinda, dan Kabupaten/Kota lainnya. Kami berharap semoga gelar kesarjanaan S1/S2 yang telah diraih akan mengantarkan mereka ke dalam kesuksesan, baik dalam pekerjaan maupun aktivitas lainnya." ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kedepan akan banyak tantangan di dunia kerja maupun di masyarakat kelak. Oleh karenanya, Sunggono berpesan kepada mahasiswa yang diwisuda agar mempersiapkan mental dan kemampuan adaptif, serta berupaya mengukir prestasi, bukan semata-mata mengajar prestise di masyarakat atas gelar sarjana S1/S2 yang telah diraih. (*dri)

Pasang Iklan
Top