• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 163 peserta meriahkan lomba balap ketinting yang diselenggarakan oleh Direktur PT Mislin Indonesia H Misran. Dalam lomba tersebut memperebutkan hadiah total Rp 93 juta dan piala bergilir. Kegiatan berlangsung di turap Timbau Tenggarong depan Rumah H Misran, selama dua hari 7 - 8 Januari 2023.

Lomba tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, turut dihadiri Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jeffry Satria, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin, Direktur PT Mislin Indonesia H Misran, Kepala Kejaksaan Kukar Tommy Kristanto serta undangan lainnya.

Ketua Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kukar Heri Asdar selaku panitia balap ketinting mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada bapak H Misran yang telah menjadi sponsor tunggal pada lomba penting hari ini. Dan juga apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah Kukar yang telah mendukung kegiatan ini.

Tujuan dari lomba ketinting sendiri untuk menyalurkan hobi dan bakat para pembalap ketinting di wilayah Kutai Kartanegara membangun semangat keolahragaan, dengan mengusir aksi aksi negatif dan permasalahan sosial seperti penggunaan narkoba dan kriminalitas lainnya dan bangkitkan sinergitas kepedulian antar pembalap sebagai sarana ajang silaturahmi.

"Dalam lomba ini diikuti total 163 peserta dari Kukar, Kubar, dan Kaltimtara yang mempertandingkan 3 kelas yaitu kelas bebas 6 - 7,5 PK, kelas 13 - 18 PK dan kelas veteran 6 - 7,5 PK." sebutnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada H Misran yang sudah mensponsori kegiatan lomba ketinting ini. Karena ketinting ini banyak sekali dan hobinya di Kukar. Jadi salah satu cabang olahraga rekreasi yang memang berkembang dengan baik di Kukar.

Selain itu, ketinting ini salah satu sarana untuk kehidupan ekonomi masyarakat khusunya di danau-danau, disisi lain karena hobi bisa juga dijadikan alat untuk lomba, jadi sangat banyak peminatnya dan setiap ada pelaksanaan lomba juga minat penonton juga sangat banyak.

"Saya terima kasih sekali lagi kepada pak H Misran, kegiatan ini tentunya tidak hanya bagaimana memberikan ruang memfasilitasi para penghobi ketinting, tetapi juga kegiatan ini saya pastikan memberikan dorongan ekonomi kerakyatan. Karena kegiatan ini 2 hari pasti banyak orang yang datang banyak yang datang ke sini orangnya belanja para usaha yang ada di sekitar Tenggarong." ungkapnya.

Sementara H Misran mengatakan pelaksanaan lomba balap ketinting ini merupakan inisiasinya pribadi, sebagai wujud apresiasi kepada para pembalap ketinting di Kabupaten Kukar yang memiliki antusias tinggi untuk mengikuti lomba.

"Jika berkaca pada lomba balap ketinting yang dilaksanakan pada upacara adat erau 2022 yang lalu, antusias masyarakat terlihat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut, sehingga hal itulah yang mendasari atas terlaksananya kegiatan pada hari ini." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top