• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala DPMD Kukar Arianto

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Guna mendukung terealisasinya Program Terang Kampungku Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 12,2 Miliar untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di tahun 2023.

Kepala DPMD Kukar Arianto, mengatakan Program Terang Kampungku terus berlanjut karena kebijakan nasional sampai 2024. Dan pak Bupati mengintruksikan semua target DPMD untuk program terang kampungku ada 17 desa yang belum berlistrik, baik itu dia nanti dibantu jaringan listrik atau kebijakan lokal berupa pembangunan listrik komunal diupayakan tuntas di 2024.

"Untuk di 2023 insyaallah di APBD murni dua unit PLTS yang akan dibangun lagi melalui bantuan khusus pada desa. Yang akan dibangun yaitu di Desa Kupang Baru satu unit terus lanjut lagi di Desa Tunjungan tempatnya di Dusun Nangka Bonang. Jadi kita siapkan pagu anggaran sekitar Rp 12,2 miliar menggunakan APBD murni untuk PLTS komunal dalam rangka program terang kampungku di 2023." ungkapnya.

Arianto menyebut nanti pak Bupati juga mencanangkan dana yang ada di DPMD yang masih bisa, akan dituntaskan di 2023 nanti di APBD perubahan.

Kemudian dari 17 desa itu, saat ini yang sudah ditangani melalui kebijakan lokal PLTS komunal itu ada 5 desa yang sudah terbangun. Jadi di 2021 di Desa Enggelam dua unit, Dusun Ketibeh, kemudian di 2022 ini ada 3 unit di Desa Menemang Kiri, Menemang Kanan dan Desa Tunjungan.

"Kami optimis untuk merealisasikan Program Terang Kampungku dari target 17 Desa yang belum teraliri listrik bisa tercapai," pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top