• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Layanan ke masyarakat dari Dinas Perhubungan Kukar yakni Uji KIR Keliling di Kecamatan Kembang Janggut

TENGGARONG (KutaiRaya.com) Dalam rangka mempermudah pelayanan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kukar.

Adapun pelayanan tersebut dengan melakukan uji kir keliling, bagi kendaraan angkutan umum yang dilaksanakan oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kukar. Pelaksanaan uji kir keliling ini menjangkau masyarakat yang ada di Kecamatan Kembang Janggut.

"Kegiatan ini rutin kita laksanakan, seperti yang dilaksanakan Sabtu (12/11/2022) di Kecamatan Kembang Janggut, Kukar. Upaya ini sebagai bentuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat."kata Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi Senin (14/11/2022).

Sementara itu Kepala UPT PKB Dishub Kukar, Iwan Effendi menambahkan bahwa uji kir ini pada dasarnya sama seperti yang dilakukan di Dishub Kukar. Hanya saja, melalui uji kir keliling ini sedikit memudahkan masyarakat yang berada sangat jauh dari kota.

"Kalau mereka harus ke kota, tentu tidak cukup 1-2 hari. Untuk itu kita fasilitasi dengan uji kir keliling, memang tidak dilakukan di seluruh kecamatan. Tapi ada beberapa titik di bagian hulu dan hilir setiap beberapa bulan sekali,"ujarnya.

Ia menyebutkan pada pelaksanaan uji kir di Kecamatan Kembang Janggut kemarin, melayani 37 unit kendaraan. Ada 26 unit dinyatakan lulus uji, 7 unit tidak lulus administrasi dikarenakan bentuk fisik kendaraan tidak sesuai dengan dokumen/STNK kendaraan dan 4 unit kendaraan tidak lulus uji teknis / tidak laik jalan.

Untuk selanjutnya akan diadakan kembali di beberapa titik, diantaranya Kecamatan Kota Bangun dan juga di Kecamatan Muara Jawa. Namun untuk pelaksanaannya nanti sesuai jadwal rutin yang telah disusun. Yang pastinya, sebelum dilaksanakan akan diinformasikan sebelumnya kepada masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya uji kir keliling ini, bisa semakin menyadarkan masyarakat khususnya yang memiliki kendaraan angkutan barang. Agar bisa melakukan uji kir guna mengetahui layak atau tidaknya kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan diri dan juga orang lain."pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top