• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Kukar Edi Damansyah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com)- Untuk memastikan program Kukar Idaman 2021-2026 di sektor pertanian dalam arti luas perkembangannya bisa terukur dengan baik, Bupati Kukar Edi Damansyah mendorong pemuda milenial untuk bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan pemerintah memperkuat pertanian.

Edi Damansyah menjelaskan bahwa masyarakat yang berprofesi di sektor pertanian dalam arti luas saat ini hampir 42%. Jadi hanya bagaimana pemerintah mendorong dan memfasilitasinya, di sisi lain pemerintah memiliki tantangan kalau bicara statistik Kukar.

Rumah tangga petani itu menurunnya cenderung lebih tinggi dibanding 9 kabupaten/kota lain di Kaltim. Tentu ini memerlukan fasilitasi pemerintah untuk mendorong generasi muda, poktan milenial agar lebih aktif lagi di sektor pertanian dalam arti luas.

"Saya sering sampaikan bahwa pertanian ini tidak lagi berbasis di hal tradisional, seperti orang tua kita dulu. Hari ini sudah berbasis di teknologi dan manajemen, dan generasi muda yang menguasai sektor tersebut." ungkap Edi Senin (7/11/22).

Ia juga menghimbau kepada generasi muda, jangan ragu-ragu untuk masuk sektor ini. Karena sektor ini sangat besar potensi dan peluangnya sangat besar. Banyak petani milenial yang sudah berhasil, salah satu contohnya di Muara Jawa yang prestasi kepeloporannya sudah menembus tingkat nasional. Yang dikerjakannya di bidang pertanian, holtikultura, ketahanan pangan.

"Makanya saya optimis pemuda Kukar akan berada di garda terdepan, kita akan membangun pangan di Kukar." tutup Edi. (*dri)

Pasang Iklan
Top