• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kirab Pemuda Nusantara

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melepas Kirab Pemuda Nusantara dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 menuju Titik Nol Ibu Kota Nusantara. Bertempat di halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Kamis (27/10/2022) pagi.

Pada pelepasan tersebut Bupati Edi Damasyah didampingi Sultan Kutai Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI H.M. Asrorun Ni'am Sholeh, Wakil Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian serta Unsur Forkopimda.

Edi Damasyah mengatakan momentum ini untuk kembali menguatkan tekad dan semangat para regenerasi pemuda, khususnya Kukar. Pemuda pemudi Kukar harus kreatif, disiplin, rajin menuntut ilmu dan bisa terus berpartisipasi di semua lini.

"Saya berharap momentum ini tidak hanya sekedar kumpul gembira. Semangat napak tilas pemuda ini harus dijadikan untuk menguatkan kembali tekad kita. Karena pemuda adalah generasi dan garda terdepan yang estafet dalam segala bidang apapun. Saya juga terima kasih kepada Kemenpora RI yang menetapkan Tenggarong sebagai salah satu titik pelaksanaan kegiatan." kata Edi.

Dalam kesempatan itu Edi Damansyah juga menandatangani MoU dengan 14 perguruan tinggi untuk implementasi program beasiswa 1.000 guru sarjana. Dan ada beasiswa yang diberikan secara khusus ke para anak yatim piatu yang kehilangan orang tuanya korban Covid-19.

"Kami berikan jaminannya dari satuan pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi yang ditangani Bankaltimtara." ujarnya.

Jadi bagaimana program beasiswa pendidikan yang diberikan pemuda pemudi Kukar ini bisa memiliki daya saing. Seiring itu juga kompetensinya tidak hanya sebatas menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tapi juga berbasis ilmu keagamaan.

"Makanya di Kukar Idaman pengembangan sumber daya manusia yang ingin kita capai dan wujudkan adalah unggul dan bermartabat." jelasnya.

Edi berharap semoga kegiatan ini dorongannya bagi pemuda pemudi Kukar harus tetap bangkit dan kuat di era digitalisasi dan persaingan yang tinggi. Khususnya menyongsong IKN nanti SDM yang datang ke Kaltim khususnya Kukar yang sudah mumpuni jangan sampai terpinggirkan karena lemah.

"Kami melalui Kukar Idaman 2021-2026 sudah tegas dan konkrit disana. Pola-pola kegiatan baik itu pendidilan formal, pendidikan pelatihan seperti Kukar Siap Kerja ini kita terus berikan latihan dan kompetensi sesuai kebutuhan pasar." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top