• Rabu, 24 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(istimewa)

TENGGARONG, (KutaiRaya.com)- Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Kepegawaian se-Kaltim tahun 2022 yang dibuka oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor di Grand Ballroom Hotel Savoy Homann Bandung, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan yang diprakarsai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim tersebut dihadiri Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI Bima Haria Wibisana, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN RI Haryomo Dwi Putranto, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah, serta Plt Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi dan Sekda Kabupaten Kota se-Kaltim.

Pada kegiatan itu, dilakukan penyerahan piagam penghargaan oleh Gubernur Kaltim kepada Kabupaten Kota se-Kaltim terkait kerja sama dalam menggunakan fasilitas assessment center UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Kaltim tahun 2016-2021, oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, dan untuk Kabupaten Kukar piaga penghargaan diterima langsung Sekda H. Sunggono.

Sementara, Kepala BKD Provinsi Kaltim Deni Sutrisno mengatakan latar belakang dari pelaksanaan rakor tersebut merupakan upaya menyikapi perubahan lingkungan yang serba cepat, menurutnya perlu adanya tata kelola pemerintahan yang dinamis, responsif, efektif dan efesien demi mewujudkan pelayanan publik yang prima.

"Rakor ini untuk menciptakan ASN Pemprov Kaltim yang mempunyai karakter smart dan berakhlak, serta mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bersih, profesional, dan berorientasi pelayanan publik dan terwujudnya world class government," ujar Deni Sutrisno.

Sementara itu, H Sunggono ditemui setelah kegiatan mengatakan merasa sangat bersyukur bisa mengikuti rakor yang menghadirkan para narasumber luar biasa seperti Plt BKN RI, Gubernur Jabar serta beberapa narasumber yang menyampaikan sistem bagaimana pemberdayaan SDM kepegawaian di daerah.

Lebih lanjut, berkaitan dengan hasil mengikuti rakor tersebut, kedepan dirinya akan melakukan rapat terbatas dengan BKPSDM Kukar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya berkenan dengan beberapa kebijakan terbaru dari pusat agar bisa segera diterapkan di Pemerintah Kabupaten Kukar.

Menurutnya, dirinya akan segera menindaklanjuti hasil rakor tersebut, agar kedepan sistem pemberdayaan SDM kepegawaian berbasis talenta di Kukar bisa segera diterapkan dan tidak tertinggal jauh dari kabupaten kota lainya di Indonesia yang telah menerapkan sistem tersebut.

"Agar kedepan beberapa kebijakan terbaru yang disampaikan oleh pemerintah pusat, baik yang berkenaan dengan tidak ada lagi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) tetapi semuanya berbasis IT melalui manajemen talenta," ujar H Sunggono.

Ditambahkannya, lewat hasil perbincangan dirinya dengan Kepala BKD Provinsi Jawa Barat terkait capaian sistem pemberdayaan SDM kepegawaian berbasis IT melalui manajemen talenta yang telah diterapkan di Provinsi Jawa Barat yang juga hadir pada kegiatan tersebut, Pemkab Kukar dikatakannya apabila juga berkeingin membangun sistem surupa disarankan untuk berMou dengan Gubernur Jawa Barat terkait mempelajari sistem tersebut. yang mana nantinya hasil Mou tersebut SDM di Kukar yang membidangi pemberdayaan ASN akan dimagangkan di BKD Provinsi Jawa Barat beberapa bulan untuk belajar langsung terkait pengelolaan sistem pemberdayaan SDM kepegawaian berbasis IT melalui manajemen talenta tersebut.

"Bila nantinya Pemkab Kukar berkeinginan membangun sistem sesuai dengan apa yang telah meraka (red-Provinsi Jawa Barat) capai selama ini, kita disarankan untuk berMOU dengan Gubernur, yang nantinya SDM di Kukar khususnya ranah pemberdayaan mampu memahami IT, magang di situ di BKD Provinsi Jawa Barat paling lama tiga atau enam bulan dan kembali sudah bisa menerapkan bagaimana menajemen talenta itu bisa dikelola oleh sistem," ujar H Sunggono.

Lebih lanjut, berkaitan dengan penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Kaltim terkait kerja sama yang telah dilaksanakan selama ini, dirinya bersyukur dan berharap semoga kedepannya kerja sama yang telah terjalin dengan baik tersebut bisa terus ditingkatkan guna memberikan manfaat, khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Kukar. (hms)

Pasang Iklan
Top