• Kamis, 02 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat bersilaturahmi dengan para pedagang Pasar Tangga Arung dan Pasar Mangkurawang)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersilaturahmi dengan para pedagang Pasar Tangga Arung dan Mangkurawang terkait rencana revitalisasi Pasar Tangga Arung, berlangsung di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Kamis (6/10/2022)malam.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, silaturahmi ini bertujuan untuk menampung aspirasi para pedagang di kedua pasar milik Pemkab Kukar tersebut. Sekaligus menyampaikan rencana revitalisasi Pasar Tangga Arung yang turut mendapatkan usulan dari pedagang.

"Yang jelas prinsipnya tetap bagaimana revitalisasi ini terintegrasi dengan pasar Mangkurawang," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah dihadapan awak media.

Ia mengaku, saat ini untuk proses revitalisasi Pasar Tangga Arung telah memasuki tahap persiapan studi dan perencanaan. Dirinya juga berharap dukungan berupa komunikasi dari pedagang yang dapat membantu pembangunan.

"Mengingat rencana ini telah lama dipersiapkan, berbagai usulan dan aspirasi telah tersampaikan. Oleh karena itu, saya pastikan keputusan revitalisasi ini dilandasi aspirasi rakyat dan untuk rakyat. Jangan sampai nanti pasar ini tujuan kita kebaikan malah sebaliknya. Sehingga rencana kami Pemkab Kukar dan keinginan masyarakat dengan adanya pusat perdagangan Tenggarong bisa memberikan daya ungkit terhadap pengembangan ekonomi Kukar terwujud," harapnya.

Ia menambahkan, tiap aspirasi maupun usulan para pedagang kami dengar dan kami jawab, diantaranya adalah menawarkan program Pemkab Kukar untuk menunjang usaha mereka dari segi permodalan, yakni Kukar Kredit Idaman.

"Adapun usulan dari salah satu pedagang Tangga Arung Haidi Rahman, terkait revitalisasi yang akan dilakukan Pemkab Kukar. Pedagang tersebut menyambut baik rencana revitalisasi ini, namun dia turut menyampaikan usulan maupun masukan untuk dapat memberi kenyamanan maksimal bagi pedagang maupun pembeli. Mulai dari pasar dengan kapasitas yang menyentuh 2-3 lantai, penyediaan lahan parkir, hingga pembenahan gorong-gorong, usulan ini menjadi bahan masukan Pemkab Kukar. Apa yang telah diterima pada usulan tersebut akan menjadi masukan bagi Dinas PU untuk melapor melalui Detail Engineering Design (DED). Baik itu lahan parkir, hingga tempat-tempat usaha, pusat cinderamata, kuliner, UMKM dan lainnya," terangnya.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda Kukar Sunggono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Arfan Boma beserta jajaran, Camat Tenggarong Sukono dan para pedagang Pasar Tangga Arung dan Mangkurawang. (One)

Pasang Iklan
Top