• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Balap ketinting memeriahkan pelaksanaan Erau tahun ini.(wahyu/kutairaya)

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka memeriakan Erau Adat Pelas Benua 2022, Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Lomba Balap Ketinting. Pada lomba ini tanpa menggunakan anggaran pemerintah.

Lomba yang dilaksanakan selama dua hari yakni Jum'at 30 September dan Sabtu 1 Oktober 2022 berlangsung di perairan sungai Mahakam pelabuhan penyeberangan Pulau Kumala Tenggarong yang diikuti 120 peserta, berasal dari Kecamatan di Kukar dan dari Kutai Barat.

Ketua Persatuan Olahraga Ketinting Kukar Asdar mengatakan ketinting ini sudah tradisi di Kukar khususnya didaerah pesisir pantai misalnya Muara Badak sampai hulu mahakam.

"Pada pelaksanaan lomba ini kami tidak dibiayai oleh pemerintah, kami sudah berupaya mendatangi Dinas terkait tapi tidak ada anggarannya. Jadi ada perusahaan dari Kecamatan Tabang yakni PT Raden yang bersedia menjadi sponsor lomba Ketinting ini." kata Asdar kepada KutaiRaya.com Jum'at (30/9/22).

Dia menyebut untuk peserta yang mengikuti lomba hari ini ada 40 peserta lebih, tapi kalau besok lebih banyak total ada 120 peserta dari Kecamatan Muara Muntai, Kota Bangun, Muara Wis, Muara Kaman, Tenggarong Seberang, sampai Muara Badak, Anggana dan Kutai Barat.

Kemudian untuk kategori lomba Ketinting ini diberi menjadi dua kategori yaitu kelas 6 inerbon dan kelas 13 inerbon.

"Saya melihat antusias dari penonton sangat luar biasa, kalau Erau tidak ada lomba Ketinting itu sepi sekali. Ini event yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat setiap setahun sekali. Dan inilah ajang bergengsi kami di Erau tahun ini. Harapan kami bagaimana pemerintah hal-hal ini kami dibantu pendanaanya." harapnya.

Ia juga mengharapkan bagaimana lomba Ketinting ini diadakan terus setiap event-event besar. Agar menarik minat generasi muda untuk menyukai Olahraga Ketinting ini. (*dri)

Pasang Iklan
Top