• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kegiatan Musrenbangdes Desa Manunggal Jaya.(Istimewa)

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka penetapan Rencana Keuangan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2023, Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes), Senin (19/9/22).

Dalam MusrenbangDes tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono, Sekertaris Camat Tenggarong Seberang AR Ambo Dalle, Kepala Desa Manunggal Jaya Sukemi, serta seluruh RT dan masyarakat.

"Alhamdulilah MusrenbangDes kemarin berjalan sukses, dan banyak usulan dari masyarakat mulai dari pembangunan infrastruktur sampai peningkatan kelembagaan maupun Sumber Daya Manusia (SDM)."ungkap Kepala Desa Manunggal Jaya saat dikonfirmasi KutaiRaya.com Selasa (20/9/22).

Sukemi menyebutkan adapun aspirasi yang diusulkan masyarakat yaitu pembangunan jembatan kelompok Tani Sumber Rejeki, pembuatan badan jalan tembus Jalan Karang Tunggal kelompok Tani Pringgondani, peningkatan jalan kelompok Tani Dwi Putra, semenisasi dijalur tanah makam, pengecoran di RT 9, pembagunan drainase di RT 19, lanjutan semenisasi di RT 22, pembuatan gedung serbaguna disebelah Kantor Desa.

Selain itu ada juga peningkatan kapasitas pemerintah desa, kelengkapan lembaga baik itu FKDM, Linmas, DPD, anggarkan untuk baju dan pelatihan lainnya.

Ia mengungkapkan usulan ini sudah mulai musyawarah desa (Musdes) dari BPD bulan Juni lalu, menampung dari semua aspirasi masyarakat, dan sudah melakukan Pra MusrenbangDes untuk jangka tahun 2023.

"Harapan saya selaku Kepala Desa dengan adanya MusrenbangDes ini kan menyerap semua aspirasi masyarakat, tentunya tidak semuanya kita laksanakan dengan anggaran yang terbatas Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Yang tidak bisa kita cover dengan dana tersebut kita menjalin kerjasama disitu, ada PT BBE dan ada aspirasi dewan yang sangat kita harapkan kedepannya kita harapkan Manunggal jaya semakin jaya, semakin baik, rakyatnya semakin makmur dan ketahanan pangan yang utama."tutupnya.

Dia juga berharap komitmen dari DPRD banyak yang disumbangkan untuk kepentingan masyarakat umum, seperti taman, tugu, infrastruktur jalan yang kedepanya bisa bermanfaat untuk masyarakat. (*dri)

Pasang Iklan
Top