• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang memiliki 20 Desa dengan jangkauan wilayah yang cukup luas. Ada beberapa sekolah yang terkendala akses jalan dan sarana prasarana yang perlu perhatian dari pemerintah daerah.

Untuk meningkatkan SDM yang baik maka diperlukan fasilitas penunjang berjalannya pendidikan disekolah salah satunya adalah bangunan sekolah yang layak dan infrastruktur jalan menuju sekolah.

Camat Muara Kaman Hj Barliang mengatakan terkait infrastruktur pendidikan di Kecamatan Muara Kaman ada beberapa sekolahan seperti SD, TK, dan PAUD yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Dimana di Kecamatan Muara Kaman ini ada 20 desa, dan jangkauannya cukup luas. Sehingga infrastrukur sangat diperlukan khususnya di bidang pendidikan.

"Karena kami punya wacana kedepan akan mengangkat potensi wisata menghadapi IKN yang akan datang. Jadi kita harus siapkan pendidikan dan SDM nya supaya siap terkhusus kepada adek-adek kita yang sekolah ini masih sangat perlu diutamakan infrastruktur menuju ke sekolah dan alhamdulilah tahun ini akan dianggarkan oleh bapak Bupati Edi Damansyah pembangunan jalan sekitar 6 kilometer." kata Barliang kepada KutaiRaya.com Rabu (24/8/22).

Ia mengungkapkan selain infrastruktur jalan ada juga sarana dan prasarana sekolah itu perlu ada tambahan gedung khususnya SD dan SMP.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 026 Muara Kaman Maises Aini mengatakan fasilitas dan sarana penunjang belajar para siswa di SDN 026 Muara Kaman masih, hingga saat ini ruangan atau gedung yang dimiliki hanya khusus untuk mengajarkan pendidikan dasar.

Mulai dari menulis, membaca dan juga berinteraksi antar guru dan peserta didik. Namun ruangan/gedung lain seperti halnya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) hingga kini belum dimiliki oleh sekolah tersebut.

"Misalnya gedung UKS, kita belum punya. Jadi kita manfaatkan ruangan yang ada saja selama ini," jelasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top