• Rabu, 24 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Ketua PRSI Kukar Alfian Noor (tengah)

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Kejuaraan Renang Piala Bupati Kukar Se-Kalimantan dan Sulawesi 2022. Bertempat di Kolam Renang Junjung Buyah Kompleks Stadion Rondong Demang Tenggarong pada 27-28 Agustus.

Ketua PRSI Kukar Alfian Noor mengatakan rencana kegiatan ini sudah disampaikan kepada bapak Bupati, dan beliau mendukung penuh kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi para atlet khususnya atlet renang. Dan di kejuaraan ini adalah salah satunya, karena masih dalam suasana hari kemerdekaan, jadi sekaligus memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

Kemudian kejuaraan renang ini juga sebagai salah satu ajang dimana sebentar lagi akan menghadapi kejuaraan Porprov yang akan dilaksanakan di Berau, dan sebagai ajang mengukur kemampuan atlet-atlet serta menyamnut PON yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2022.

"Kejuaraan ini kita mengundang beberapa club yang sekupnya wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Jadi sampai saat ini sudah ada sekitar 32 club yang ingin mengikuti kejuaraan ini dangan jumlah total peserta 406 atlet." jelas Alfian saat konfrensi pers di Kolam Renang Junjung Buyah Senin (22/8/22).

Alfian mengungkapkan dalam kejuaraan renang ini PRSI Kukar juga mengkolaborasikan dengan ekonomi kerakyatan, masyarakat sangat antusias khususnya official, keluarga dari pihak atlet itu berdatangan. Sehingga perlu kesiapan, karena lokasi di sekitar untuk menampung para pelaku UMKM. Dan pada kejuaraan ini juga akan dirangkai dengan pelantikan pengurus PRSI baru periode 2021-2024.

"Alhamdulilah persiapan juga sudah hampir rampung, tinggal proses beberapa perijinan dalam pelaksanaan ini. Sementara untuk persiapan tempat sudah siap sekitar 75 persen." ujarnya.

Ketua pelaksana kejuaraan renang Piala Bupati Kukar Asep Fendaris mengatakan secara teknis pelaksanaan tecnikal metting akan dilakukan pada jumat 26 Agustus 2022. Dalam pelaksanaan kegiatan tahun ini, sebenarnya event ini dilaksanakan pada bulan Juni lalu namun karena ada agenda tetap dari provinsi untuk itu baru dilaksanakan bulan ini.

"Alhamdulilah dengan persiapan- persiapan yang matang, dukungan- dukungan juga dari KONI Kukar. Dan kami dibantu oleh sponsor dari perusahaan yang ada di Kukar pelaksanaan kejuaraan ini bisa berjalan lancar." ungkapnya.

Dia menyebut untuk peserta yang akan mengikuti kejuaraan adalah dari Kalimantan Timur ada 23 club, Kalimantan Selatan 3 club, dari Sulawesi ada 5 club, Kalimantan Utara 1 club. Sedangkan untuk pembagian kelompok umur terhitung mulai per 1 Januari 2022 ini ada senior dari umur 19 tahun dan diatasnya lahir pada 31 Desember 2003 dan sebelumnya.

Lanjutnya pertandingan akan terbagi dalam 6 Grup yaitu Grup 1 dari umur 16 - 18 tahun, Grup 2 ada 14 - 15 tahun, Grup 3 ada 12 - 13 tahun, Grup 4 ada 10 - 14 tahun, Grup 5 ada 5 - 9 tahun, dan Grup 6 ada 7 tahun kebawah.

Kemudian untuk nomor lomba ada 495 yang meraih kemenangan akan diberi hadiah. Juara 1 akan mendapatkan Mendali emas, juara 2 mendali perak dan piagam, juara 3 akan mendapat mendali peringgu dan piagam bahkan perenang terbaik juara 1, 2 dan 3 dari semua kelompok umur akan memperoleh penghargaan piala. Piala untuk juara umum juga akan di siapkan dan total mendali yang akan diperebutkan 162 emas.

Ia menambahkan untuk persiapan kolam renang saat ini sudah 75 persen, sedang dilakukan pengobatan dan aktivitas renang sudah ditutup karena tempat harus steril airnya tidak ada lagi khusus atlet aja yang bisa latihan. Untuk ijin keramaian sudah mendapatkan ijin dari Polres, serta ijin dari kesehatan juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak satgas covid Kukar, tidak ada masalah artinya tetap menjalankan protokol kesehatan. (*dri)

Pasang Iklan
Top