• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang Suprapto

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki peran begitu penting dalam mendorong peningkatan ekonomi yang bermuara terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan juga sebagai sumber Pendapatan Asli Desa (PAD).

Kepala Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang Suprapto mengatakan bahwa Bumdes yang ada di desanya bernama Bumdes Bersinar, yang sudah berbadan hukum.

"Berdirinya bumdes diawali dengan dana desa. Bumdes kami bergerak di bidang infrastruktur, baik itu Lpg, air, dan ini berkembang lagi perbengkelan motor. Dan pendapatan dari usaha tersebut, dalam satu bulan Bumdes mampu meraup keuntungan Rp 35 juta - Rp 40 juta." kata Suprapto kepada KutaiRaya.com Selasa (16/8/22).

Dia menyebut dulu waktu pertama dibentuk Bumdes Bersinar sempat mati suri, karena tenaga-tenaganya yang mau bekerja di Bumdes. Namun sekarang mulai berkembang.

"Kita mendorong anak muda untuk mencintai desa apa yang masuk dalam visi misi Bumdes. Visi misi Bumdes adalah mencari hasil pendapatan itu apa yang mudah untuk dikelola di desa tersebut, mulai dari Sumber Daya Alam (SDA) atau hal hal yang lain yang harus dikembangkan." ujarnya.

Kemudian lanjutnya, mental dan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama para pemuda sebagai generasi penerus secara ekonomi kerakyatan itu perlu digali potensinya, perlu juga di didik mental dan SDM nya. Karena Bumdes suatu wacana negara yang luar biasa sebagai PAD desa. Bila suatu desa memiliki PAD desa, percepatan pembangunan desa akan lebih cepat, tidak usah menunggu uang negara,

Salain itu, dengan adanya Bumdes bisa menampung sebanyak mungkin daripada pengangguran yang ada, bila bumdes tersebut ada sub sub bidang pekerjaan.

"Kami berharap kedepan bumdes ini bisa berkembang baik usahanya maupun SDMnya dan kami perlu dukungan dari OPD-OPD yang terkait untuk mengawasi, membina Bumdes Bersinar." jelasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top