• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sukono

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, sebanyak 42 Rukun Tetangga (RT) di 12 kelurahan dan 2 desa se-Kecamatan Tenggarong akan mengikuti lomba kebersihan lingkungannya masing-masing. Kegiatan ini untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Diketahui lomba kebersihan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Tenggarong dalam memeriahkan hari kemerdekaan yang ke 77, yang diawali dengan Turnamen Bola Voli, Turnamen Sepak Bola, dan Lomba Kebersihan antar RT.

Camat Tenggarong Sukono mengatakan dalam lomba kebersihan ini dari 331 RT, setiap perwakilan kelurahan dan desa berhak mengirimkan tiga RT untuk mengikuti lomba tingkat kecamatan. Pemilihannya berdasarkan kepada wilayahnya masing-masing.

"Saat ini kelurahan dan desa telah mengirimkan perwakilannya," kata Camat Sukono, Jum'at (5/8/2022).

Dia menyebut, penilaian akan berlangsung pada minggu depan, mulai tanggal 8 sampai 11 Agustus. Pihaknya telah membentuk tim penilain yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Kecamatan Tenggarong.

"Penilaian dilakukan full selama tiga hari. Satu hari harus menyelesaikan 12 RT di 4 kelurahan," jelasnya.

Sukono menjelaskan, ada sejumlah kriteria yang menjadi obyek penilaian, yakni sampah sepanjang jalan atau gang termasuk gulma, tempat sampah terpilah di masing-masing rumah, inovasi pengelolaan sampah seperti bang sampah dan composting, tulisan imbauan larangan merokok, buang sampah, hemat listrik dan air. Kemudian drainase, pohon peneduh dan pemeliharannya, sarana umum dikawasan RT termasuk sarana ibadah, WC di sarana umum dan terakhir yakni penanganan sampah TPS seperti bangunan fisik.

"Indikatornya sudah ada sehingga penilaianya sesuai dengan fakta dilapangan," pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top