• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Salah satu kunci sukses pengibaran Bendera Pusaka oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah latihan rutin yang dilakukan secara sistematis dan terarah.

Untuk itu, setiap tahunnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar menjalankan amanah untuk menyiapkan pemuda-pemuda dari seluruh kecamatan se Kukar yang sebelumnya telah menjalani proses seleksi ketat tersebut.

Tahun ini sebanyak 35 pemuda terpilih, akan mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) di Halaman Kantor Bupati Kukar selama kurang lebih 12 hari hingga puncaknya menjalani tugas mulia mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-77 tahun 2022.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengatakan persiapan paskibraka tahun ini sudah siap, dan dalam satu atau dua hari ini mereka sudah masuk dalam Pusdiklat. Kemudian tanggal 4 Agustus itu pembukaan Diklat di Ruang Serbaguna Kantor Bupati nanti yang akan dibuka pak Sekda Sunggono.

"Untuk formasi tahun ini kita formasi lengkap dengan pasukan 45 kemudian pasukan 17 seperti biasa. Anggotanya dari Kecamatan, disetiap Kecamatan itu ada dari Tenggarong dan sisanya dari luar Tenggarong." kata Ali saat kepada KutaiRaya.com Rabu (3/8/22).

Lanjutnya, kalau untuk pasukannya itu dari Armed TNI dan Polri yakni pasukan 45, pengibar 8, dan penurunan bendera 8. Sedangkan untuk pelatihnya dari TNI, Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Ali menyebut paskibraka Kukar persiapannya optimal, bahkan ada beberapa kebijakan baru yang dibuat, karena mengingat waktu pelatiahan ini sangat sempit. Masuk diklat tanggal 4 nanti dan mulai bertugas tanggal 17. Jadi terkait pemanfaatan waktu saja dan kemungkinan nanti tidak ada kunjungan keluarga, agar mereka bisa lebih fokus termasuk penggunaan handphone nanti tidak diperbolehkan selama diklat.

"Kami berpesan kepada orang tua, percayakan anak anaknya ini selama diklat, kami yang mengasuh, kami yang memgurus. Kemudian kepada adek-adek yang saat ini masih di rumah untuk dua hari kedepan akan masuk diklat siapkan fisik dan apa yang menjadi petunjuk kami. Melalui kebijakan kami terdahulu dan fokus pada tanggung jawab yang sangat berat ini sehingga kegiatan pengibaran bendera bisa sukses." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top