• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Camat Muara Kaman Hj Barliang)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Kecamatan Muara Kaman memiliki banyak olahan makanan yang bisa dikembangkan melalui UMKM, untuk itu kedepan Kecamatan Muara Kaman bakal kembangkan potensi UMKM yang dimiliki.

Hal ini diungkapkan Camat Muara Kaman Hj Barliang kepada awak media belum lama ini.

"Makanan khas dari Muara Kaman itu banyak seperti sanggar saput, kemudian saat ini UMKM di daerah darat Muara Kaman juga ada jahe. Jahe tetsebut diolah kembali menjadi hidangan siap saji, mengingat jahe merah sangat banyak di Muara Kaman, " ungkap Hj Barliang.

Ia mengatakan, saat ini di Muara Kaman terdapat kelompok Kelompok Wanita Tani (KWT) yang telah membuat keripik, krupuk dan lainnya serta kopi.

"Untuk pelaku UMKM setiap Desa di Muara Kaman sudah ada, bahkan di 3 desa sudah bikin jahe di beberapa kelompok wani tani, " tuturnya.

Ia mengaku, untuk pemasarannya setiap ada kegiatan kita bawa. Dan olahan makanan di Muara Kaman ini sudah ada yang pesan dari Tenggarong, promosinya sementara dari KWT.

"Ada juga yang dipromosikan oleh Polsek Muara Kaman membawa minuman jahe kita untuk dibawa ke Polda beberapa waktu lalu ada sekita 100 pack, " imbuhnya.

Hal ini lanjutnya, bisa dijadikan peluang usaha untuk masyarakat setempat, dan perekonomian berjalan lancar dan meningkat.

"Kami sangat mendukung dengan adanya UMKM bisa berkembang, dan kami berpesan kepada pemerintah Desa supaya bisa memberikan pembinaan kepada pelaku UMKm, apa yang dibutuhkan pelaku UMKM dari desa tolong dianggarkan melalui ADD, kita ingin kedepannya mengambangkan potensi UMKM yang ada, " harapnya.

Kami juga berharap kepada pemerintah daerah yang berkaitan dengan UMKM, supaya kedepannya UMKM kita berjalan dengan lancar, dan ada pembinaan juga dari pemerintah daerah. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top