• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melakukan kunjungan ke Desa Pela Kecamatan Kota Bangun, dalam rangka meninjau langsung kesiapan Desa Pela untuk menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dijadwalkan akan datang ke Kukar pada 24-25 Juli 2022.

Pada kunjungan tersebut Bupati bersama rombongan menyerahkan bantuan beberapa sarana dan prasaran pariwisata. Hal ini dilakukan karena Desa Pela termasuk Destinasi Wisata Nasional.

Edi menyebut dirinya ke Desa Pela, memastikan bahwa temen-temen disana sudah siap, artinya kategori lokal Desa Pela, teman-teman yg selama ini aktif kelompok wisatanya juga sudah aktif.

"Saya terima kasih dan apresiasi bahwa pergerakannya juga terus bergerak, potensi dikelola oleh Desa. Kami di Kabupaten secara bertahap memberikan fasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, ada semacam kapal yg diberikan untuk menambah sarana prasarana disana. Hal itu sebagai suport Pemkab Kukar." ungkap Edi Minggu (17/7/22) lalu.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo menyebut terkait kunjungan Bupati ke Desa Pela yaitu memberikan bantuan berupa Banana Boat 2 unit dan Pelampung 10 unit. Bantuan ini adalah bentuk apresiasi dari Pemkab Kukar untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang aktif.

Slamet mengungkapkan Bupati minta canangkan program pelabuhan apung, karena belum ada disitu. Terus fasilitasi homestay, perlahan-lahan memberinya. Karena banyak Pokdarwis tahun ini yang aktif dan memang Pela menang ADWI. Jadi tidak hanya Pela, Kedang Ipil dan Ambalang ada.

"Untuk kedatangan Menteri ke Pela update terakhir 24-25 Juli 2022, yang akan mengikuti penutupan TIFAF dan berkunjung ke Pela. Kita juga apresiasi dari jajaran Pemkab Kukar, dan penyambutan ada timnya sendiri." jelasnya.

Secara terpisah, Ketua Podarwis Desa Pela Alimin Azarbaijan mengatakan Bupati melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Kukar juga menyerahkan air bersih, besok mungkin jalan sudah. Dari Dinas Perhubungan juga diminta penuhi keperluan pelabuhan apung. Karena untuk menunjang standar sapras pelabuhan yang ada.

"Untuk persiapan Pokdarwis dan Pemetintah Desa menyambut Menteri sudah mulai semingguan yang lalu, partisipasi masyarakat juga sudah dilakukan bersih-bersih rumah (homestay) dan pasang baliho. Penyambutan juga, karena rundown menyesuaikan Pemkab. Sudah diskusi dengan Dispar Provinsi dan Kemenparekraf juga untuk sesuaikan rundown acara." terang Alimin.

Dia menyebut Pela sudah siap menyambut menteri pada 23-25 Juli 2022. Menteri akan berangkat melalui jalur darat setelah menghadiri TIFAF di Tenggarong.

"Kami berharap kunjungan ini berjalan dengan lancar, karena setelah Menteri datang pastinya akan banyak. Banyak juga yang bertanya mana Desa Pela di Kukar, semoga bisa ditunjang lagi sarana dan prasaranya." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top