• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Tenggarong Creative Fest yang diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Komite Ekonomi Kreatif sukses digelar. Bertempat di Halam Parkir Gedung Putri Karang Malinau (PKM) Sabtu (16/7/22) mulai pukul 16.00 - 22.00 wita.

Pada acara tersebut menampilkan beberapa musisi dan komunitas lokal seperti music performance Prematurial, Root Side, Fleur, Sunset & Clouds, Enji, Gpp Project. Tarian tradisional Jejak Etam Sebulu, Skate Jamming Plan D Team, Keroan Begasing Kutai, live painting dari TaikbabiArmf dan Armf.

Kepala Dispar Slamet Hadi Raharjo melalui Kabid Ekonomi Kreatif David Haka mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja dari Dispar.

"Konsep dari kegiatan ini adalah semua komunitas terlibat, pelaku UMKM, ekonomi kreatif, pelaku seni dan budaya. Makanya talen talen dari siang tadi bermacam latar, bermacam ganre musik jadi di kolaborasikan. Ada komunitas begasing juga olahraga tradisional dimasukkan juga di event Tenggarong Fest tahun ini."kata David kepada KutaiRaya.com Sabtu (16/7/22).

David mengungkapkan bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pelaku UMKM. Jadi kegiatan ini mendukung program dedikasi Bupati yakni Kukar Kaya Festival, salah satu event yang notabene program yang masuk di Dispar bermitra dengan Kekraf jadi dikurasi sama-sama semua komunitas terlibat.

Dia menyebut tema pada tahun ini adalah menggerakan jejaring ekosistem Ekraf. Konsep tahun ini agak beda dengan tahun lalu supaya ada inovasi baru tiap tahun.

"Harapannya kedepan covid ini segera mereda, agar kita bisa leluasa melaksanakan kegiatan event event festival sekala kecil, menengah, maupun besar. Dan dengan adanya event ini akan membangun jejaring ekosistem ekraf jadi saling terkoneksi." jelasnya.

Sementara Plt Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kukar Akbar Haka mengatakan Tenggarong Kreative Fest sebenarnya lanjutan dari tahun 2021 waktu lagi covid 19 dan bertepatan dengan launching program dedikasi Bupati yakni Kukar Kaya Festival sama launching lagu asian wounders beserta logonya.

Tujuan dari Tenggarong Creative Fest adalah mengakomodir semua element seni pertunjukan yang ada di Kukar.

"Jadi tahun ini akhirnya diadakan kembali, walaupun sebenarnya masih dalam keterbatasan jumlah penonton yang tidak boleh terlalu banyak untuk penampil dan durasi tampilan. Untuk hari ini kita hanya mengakomodir beberapa komunitas terutama Komunitas Begasing olahraga tradisonal terus ada temen-temen dari Sketbord Tenggarong, penampilan penari dari Jekak Etam Sebulu, Gpp Projek Muara Badak, serta beberapa band dari Tenggarong dan Samarinda."pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top