• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin menghadiri Festival Kembang Janggut yang di senggelarakan pada Rabu (13/7/2022) malam. Bertempat di Lapangan Bola Desa Kembang Janggut.

Pada kegiatan festival ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono, Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, Camat Kembang Janggut Tego Yuwono. Festival tersebut dihibur oleh artis dangdut Reza dan juga banyak pelaku UMKM yang ikut meramaikan acara tersebut.

Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengatakan Festival Kembang Janggut ini adalah rangkaian dari beberapa festival yang sudah dilaksanakan. Mulai dari Festival Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun, dilanjutkan dengan Festival Jaranan di Tenggarong Seberang, setelah itu Festival Sebulu, dan ini yang ke empat di Kembang Janggut, selanjutnya tanggal 30 Juli - 6 Agustus itu di Muara Muntai dan di Samboja.

Di bulan September itu akan dilaksanakan di Tenggarong Kota. Sebenarnya di Tenggarong Kota ini Kukar Kaya Festival akan dilaksanakan beberapa jenis kegiatan.

"Nah termasuk di APBD perubahan Dispar dan Dispora sudah melakukan kajian dan penganggaran untuk event besar yang akan kita laksanakan. Baik itu olahraga rekreasi maupun Pekan Raya Kukar yang insyallah akan dilaksanakan diakhir tahun." ujar Rendi Rabu (13/7/2022).

Rendi mengungkapkan kegiatan ini adalah bentuk komitmen Pemkab Kukar di satu tahun itu harus ada 20 paling sedikit, festival yang dilaksanakan selama 5 tahun itu bisa terpenuhi. Sesuai RPJMD Kukar Idaman yakni 100 festival yang siap dilaksanakan, baik itu kolaborasi antara pemuda event organaizer di masing-masing Kecamatan, pemuda KNPI, Karang Taruna, pihak Desa, Kecamatan, hingga Pemkab yang sudah masuk dalam agenda event tahunan atau yang masuk dalam kalender kabupaten.

"Jadi ini adalah salah satu langkah terutama di pasca pandemi untuk memulihkan kembali geliat UMKM yang ada di beberapa Wilayah Kecamatan Kukar ini, yang dimana kita konsen. Kalau bukan event- event seperti ini mereka tidak bisa menampilkan prodak mereka, tidak bisa memperkenalkan prodak mereka yang dulu sempat eksis tiba-tiba pandemi down." jelasnya.

Mudah-mudahan dengan adanya event event ini yang dirangkai hampir setiap bulan, bisa membangkitkan geliat ekonomi yang ada di Kukar. Dan pastinya juga ini adalah langkah Pemkab Kukar untuk mendorong percepatan vaksinasi di Kukar. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top