• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Situs Lesong Batu)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemerintah Kecamatan Muara Kaman bakal memaksimalkan area Situs Lesong Batu untuk menjadi kawasan wisata baru di Muara Kaman.

Camat Muara Kaman Hj. Barliang mengatakan, saat ini sebenarnya Muara Kaman tertinggal untuk kawasan wisatanya. Untuk itu dirinya berharap potensi situs Lesong Batu yang ada akan kita jadikan kawasan wisata.

"Di Muara Kaman karena kita memiliki potensi paling terbesar itu (lesong batu) kita ingin angkat Muara Kaman, selama ini Muara Kamam tertinggal. Saya selaku camat bersama Kapolsek, Danramil, tokoh adat akan mengambil langkah yaitu menyatukan dulu hati nurani bersama dengan mengangkat Muara Kaman yaitu pada situs yang kita miliki," terang Hj. Barliang.

Ia mengaku, untuk situs Lesong Batu sebenarnya saat ini sudah dilimpahkan ke kecamatan, jadi kami sudah mulai melangkah, artinya pelimpahan sudah karena selama ini di kelola oleh Disdikbud.

"Kami sudah merancang untuk pembuatan pagar, kemudian taman, dan mengajak para tokoh adat untuk memunculkan lagi budaya-budaya kita lainnya," tuturnya.

Agar ini terwujud, ia berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati agar membantu untuk perbaikan infrastruktur jalan khususnya menuju situs Lesong Batu.

"Karena infrastuktur jalan sangat dominan artinya harus diperbaiki. Karena setiap ada kunjungan dari saudara-saudara kita khususnya dari Bali dan kita sangat sedih melihat jalan itu. Setiap tahun orang Bali dan juga dari Yogyakarta mengunjungi situs tersebut, namun kita belum bisa memberikan yang terbaik disaat kondisi seperti jalan seperti sekarang ini," paparnya.

Rencananya lanjut Hj. Barliang, mulai tahun depan kami akan memulai mendirikan pagar disekeliling situs dan fasilitas lainnya guna mendukung kawasan wisata di area tersebut.

"Kita ingin membangun wisata dikawasan tersebut, selain dapat mengundang wisatawan yang berkunjung pastinya juga dapat menghasilkan PAD untuk Kukar," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top