• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat melepas kotingen Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) asal Kukar untuk bertanding di Palembang.

Pelepasan itu berlangsung didepan Kantor Bupati Rabu (22/6/2022).
Adapun Kontingen yang diberangkatkan ada 30 orang yang akan mengikuti Fornas yang akan dilaksanakan pada 1 sampai 8 Juli 2022, peserta berasal dari kecamatan Kota Bangun, Tenggarong, dan Loa Janan.

Akhmad Taufik Hidayat mengatakan Fornas merupakan suatu event yang diadakan bagi semua lapisan dan usia masyarakat. Dan cabang olahraga yang dipertandingkan pun sedikit berbeda dari yang biasa pada event PON, Sea Games dan sebagainya.

Sebagaimana nama Fornas itu sendiri adalah Festival Olahraga Rekreasi. Jadi event ini sebenarnya salah satu upaya untuk melestarikan olahraga tradisional yang seringkali menjadi permainan rakyat, hiburan rakyat, namun tetap ada unsur kompetisi didalamnya. Sehingga tidak saja sebagai hiburan, tetapi juga menjadi ajang untuk mengukir prestasi.

"Saya mengharapkan, agar olahraga tradisional ini semakin berkembang. Sehingga nantinya akan muncul atlet baru yang bisa mengharumkan nama daerah. Sadar atau tidak, olahraga tradisional perlahan mulai bergeser, dari yang sebelumnya hanya dimainkan di kalangan masyarakat pada event-event tertentu daerah, kini menjadi kompetisi internasional. Seperti tarung derajat, yang mulai melakukan eksibisi pada saat SEA Games." terangnya.

Diungkapkan Taufik olahraga rekreasi, prestasi maupun pendidikan, saling berhubungan. Oleh karena itu, pemerintah sangat mendukung festival olahraga rekreasi tahun ini, serta tahun-tahun yang akan datang. Harapannya melalui Festival olahraga semacam ini bisa membuat anak-anak muda maupun para orang tua untuk gemar berolahraga.

"Saya mengucapkan selamat jalan, selamat bertanding bagi kontingan dari Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan berangkat ke Palembang. Saya berpesan, agar selalu bersemangat dan bertanding dengan sepenuh hati. Mengharumkan nama daerah, namun tetap menjaga sportifitas dalam bertanding. Selalu menjaga nama baik daerah, dengan berperilaku yang baik, sopan santun dan saling menghargai."paparnya.

Sementara Ketua KORMI Kukar Lukman menyebutkan ada 27 orang dengan 9 Induk Organisasi Olahraga (Inorga). Kesiapan KORMI untuk berangkat pornas memang sudah disususn dengan matang dengan menyesuaikan aturan yg berlaku di Fornas palembang.

"Setelah kita melakukan kordinasi dengan KONI provinsi juga dengan Inorga yg ada dibawah naungan KORMI Kukar, kita sesuaikan lagi dengan jumlah anggaran yg ada. Kita rapat dengan Dispora dan memberangkatkan total keseluruhan untuk pegiat sekitar 27 dengan official pelatih 3 orang, wasit 1 orang, total 30 orang." sebutnya.

"Target kita dari jumlah 27, kita tidak muluk-muluk kita upayakan jangan sampai kurang dari 21. Karena atlit kita ada yg dibiayai dari provinsi dan Dispora kabupaten, target kita 10 medali emas dari Kukar. Target untuk Kaltim sebenarnya juara umum, kita support karena kita masuk ke dalam kaltim 2, sehingga kita berharap atlit yg diberangkatkan lewat KORMI Kukar bisa mensuport dan mendulang mencapai target yang diinginkan KORMI provinsi."tutupnya.
(*dri)

Pasang Iklan
Top