• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Muslik

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara bakal membangun TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di tiga wilayah, yakni di Kecamatan Muara Badak, Anggana dan Samboja, pada tahun 2022. Anggaran pembangunan tiga TPI tersebut mencapai Rp 8 Miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Muslik mengatakan keberadaan TPI diyakini akan memberikan dampak positif untuk menggerakan dan meningkatkan usaha nelayan. Dengan adanya TPI membantu memasarkan hasil tangkapan ikan.

Lanjutnya, untuk tahun ini DKP merencanakan pembangunan tiga TPI yakni di Muara Badak sudah dilakukan pembebasan lahan, kemudian untuk di samboja tahun ini sudah progres perencanaanya dan diharapkan perencanaan fisiknya tahun ini untuk pembangunan pangkalan pendaratannya. Selain itu ada di Anggana sudah dilakukan studinya tinggal mencari lahan yang tepat.

"Jadi ada 3 TPI yaitu Muara Badak, Samboja dan Anggana. Kita targetkan pembangunan TPI tersebut selesai sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) DKP 2021-2026. Tetapi sebenarnya kita mulai untuk di 2023."ucapnya.

Untuk di Samboja sekarang dalam proses lelang fisiknya yang kita targetkan akhir bulan ini sudah mulai lelang.

Diungkapkan Muslik, Kukar sejauh ini sudah terbangun dua TPI, yakni di semangkok Kecamatan Marang Kayu, dan Kota Bangun. Untuk di Kecamatan Marangkayu terkendala teknis, saat ini tidak bisa digunakan karena alurnya masuk ke dalam sehingga menurut kajian sekarang tidak bisa dilanjutkan lagi pengoprasianya.

"Kemudian ada TPI air tawar di Kota Bangun sudah dua tahun ini kami mendorong untuk pemanfaatannya, biasanya masyarakat terbiasa dengan pangkalan-pangkalan kecil , nantinya akan kita giring untuk pemanfaatan TPI tersebut." terangnya.

Ia menambahkan jumlah pelaku usaha perikanan di Kukar ada sekitar 35 ribu dan nelayan kurang lebih 18 ribu nelayan baik perairan air tawar maupun perairan laut. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top