• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Festival UMKM Kreatif Sebulu 2022 dalam rangka memeriahkan HUT Ke-57 Kecamatan Sebulu akan dibuka Sabtu (18/6/2022) malam besok di Desa Manunggal Daya dan siap digelar.

Camat Sebulu Edy Fahruddin mengatakan, event ini bertujuan untuk menggerakkan perkonomian rakyat Sebulu. Mengingat dua tahun terakhir Pandemi Covid-19, dirinya bersama jajaran berharap ini dapat menjadi perputaran roda ekonomi kerakyatan desa.

"Dengan mendatangkan pelaku usaha asli Sebulu. Kami memfasilitasi mereka agar dapatkan penghasilan dari kegiatan ini," ungkap Edy Fahruddin, Jum'at (17/6/2022).

Edy menjelaskan, dalam Festival UMKM Kreatif Sebulu 2022 ini akan ada 30 stan yang disediakan bagi para pelaku usaha. Bahkan diantara 20 stan tersebut akan digratiskan dari biaya penyewaan.

"Sedangkan bagi 14 Desa yang ingin mengisi, akan disediakan 1 stan bagi 3 Pedagang Kaki Lima (PKL). Kami juga melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha di Festival UMKM Kreatif ini. Seluruh desa yang memiliki Kelompok Wanita Tani (KWT) akan membuat jamu dan akan kami tampilkan," terangnya.

Ia mengaku, Festival ini perdana diadakan dan digadang-gadang sebagai event terbesar di Kecamatan Sebulu. Bahkan dengan bantuan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin. Pada tanggal 26 Juni, seorang penyanyi yang sedang naik daun asal Jawa, Yeni Inka akan turut tampil menghibur warga.

"Ini merupakan kerja kolaborasi jajaran Pemkab Kukar," sambung Edy.

Edy menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari. Dengan menyediakan stan UMKM sebagai fasilitas berusaha warga. Kecamatan Sebulu juga sediakan berbagai hiburan bagi warga, mulai dari seni budaya musik, tari, olahraga hingga kegiatan religius. Festival ini juga akan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tempat cuci tangan dan cek suhu badan akan dipersiapkan bagi pengunjung.

"Festival ini memang dikhususkan bagi warga Sebulu. Tapi kami tidak tertutup apabila masyarakat Kukar yang ingin datang menyaksikan," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top