• Selasa, 23 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Alat MRI milik RSUD AM Parikesit.Foto:humas)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - RSUD AM Parikesit telah memiliki layanan MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang telah di lounching pada 24 Januari 2022 lalu.

Dokter Spesialis Radiologi yang juga sebagai Kepala Isolasi Radiologi RSUD AM Parikesit dr. Yucca Kristinawati, Sp. Rad mengatakan, dengan adanya alat MRI ini kita patut berbangga, karena alat-alat khususnya radiologi di RSUD AM Parikesit sepenuhnya hampir lengkap, dan di Kutai Kartanegara kita sudah memiliki.

"Intinya semua pemeriksaan penunjang radiologi termasuk MRI berguna membantu diagnosa dokter untuk melalukan tindakan berikutnya kepada pasien. Dengan MRI maka bisa terdiagnosa lebih cepat dan dapat ditangani dengan cepat maka keluhan yang terjadi pada pasien juga sangat minimal," ungkap dr. Yucca Kristinawati, Sp. Rad

Ia menjelaskan, pemeriksaan MRI ini lebih unggul untuk kasus-kasus tertentu contohnya neuro imaging. Jadi bagian-bagian tubuh yang banyak sarafnya seperti Kepala, leher, tulang belakang, dan wanita hamil yang tidak bisa pemeriksaan melalui ct scan, serta anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan ditakutkan dengan adanya radiasi ada kerusakan dari sel-sel pertumbuhannya.

"Efek samping bagi pasien yang menggunakan layanan MRI hampir tidak ada," tuturnya.

Ia menambahkan, layanan MRI di RSUD AM Parikesit telah bekerjsama dengan BPJS Kesehatan, mengingat biaya pemeriksaan MRI lumayan mahal lebih tinggi dari biaya ct scan.

"Jadi bagi pasien yang telah memiliki BPJS Kesehatan gratis tentunya dengan rujukan dokter," tambahnya.

Sebagai informasi, MRI adalah tekhnik diagnostik medis untuk mengevaluasi dan membuat gambar tubuh menggunakan medan magnet dan radio frekuensi tanpa prosedur pembedahan, sinar x atau zat radioaktif.

Sedangkan Philips Ingenia Ambition adalah MRI pertama didunia yang tidak memerlukan pengisian helium selama beroperasional yang didukung dengan teknoligi fuli digital yang akan memberikan kualitas gambar yang sangat baik. Philips Ingenia Ambition untuk pertama kalinya di Kalimantan sudah terpasang di RSUD AM Parikesit.

Alat ini dilengkapi dengan fitur komprasains yang memungkinkan untuk mempersingkat waktu pemeriksaan MRI hingga 50 persen dengan kualitas gambar yang setara, alat ini juga dilengkapi kamera dengan artivisual intelijens atau EA yang mampu mendeteksi fisiologi dan pernapasan pasien pada saat pemeriksaan berlangsung.

Ruangan MRI di RSUD AM Parikesit didesain secara khusus yang memadukan video, audio dan lighting yang saling terintegrasi untuk meningkatkan kenyamanan pasien pada saat pemeriksaan berlangsung. Pasien dapat memilih sendiri tema yang diputar pada saat pemeriksaan berlangsung.

Untuk diketahui juga, MRI merupakan teknik pemindaian radiologi yang menggunakan magnet, gelombang radio, dan komputer untuk menghasilkan gambar struktur tubuh. Mesin MRI berbentuk seperti tabung yang dikelilingi oleh magnet melingkar yang besar.

Dalam pemeriksaan MRI, pasien ditempatkan di tempat tidur yang kemudian dimasukkan ke lubang magnet. Medan magnet yang kuat akan terbentuk dan menyelaraskan proton atom hidrogen yang kemudian terkena pancaran gelombang radio. Hasilnya berupa sinyal yang dideteksi oleh bagian penerima pada mesin MRI. Komputer lalu memproses informasi penerima dan menghasilkan gambar. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top