• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Suasana seminar parenting Kukar.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) wilayah Kalimantan Timur mengelar seminar parenting yang diikuti peserta dari ASN dilingkungan Sekertariat Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan tema Menjadi Orang Tua di Era Digital, Tantangan dan Strategi, di ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Rabu (2/2/2022).

Seminar ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar Totok Heru Subroto.

Kegiatan ini dirangkai dengan bakti sosial konsultasi psikologis gratis bagi pegawai di lingkungan Sekretariat Kabupaten Kukar dengan narasumber Psikolog Lucy Yulidasari dari Himpsi Kaltim.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar Totok Heru Subroto mengucapkan terimakasih dan apresiasi upaya yang dilakukan oleh Himpsi wilayah Kaltim melalui seminar ini.

"Kami mengharapkan agar HIMPSI menjadi patner dan berperan aktif dalam seluruh proses pembangunan SDM di Kukar baik melalui upaya prefentif, kuratif maupun rehabilitatif." ujar Totok.

Ia menyebut manfaat dari seminar ini terutama bagi para orang tua dilingkungan ASN Kukar, dan nantinya akan diperluas lagi target sasarannya ke ASN lainnya atau ke masyarakat di Kukar.

"Tema dalam seminar ini sangat sesuai dengan fenomena yang terjadi pada anak-anak, bahkan masyarakat pada umumnya saat ini." ucapnya.

Totok mengungkapkan digitalisasi telah merubah budaya dan pola hubungan dalam keluarga dan masyarakat, salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan media sosial.

"Bahkan ada istilah mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Artinya mereka sibuk dengan dunia gadgetnya dan melupakan orang yang ada disekitarnya." terangnya.

Hal ini merupakan gambaran yang sangat tepat untuk melihat dampak positif dan negatif dari keberadaan media sosial tersebut.

"Kami mengharapkan kepada semua peserta yang mengikuti seminar ini agar dapat mengambil manfaat dan menemukan strategi yang baik dalam mengambil sikap yang tepat dalam mendampingi tumbuh dan kembangnya anak-anak." ungkap Totok.

Sementara itu Panitia Pelaksana Seminar Gerda Akbar mengatakan, seminar ini merupakan salah satu bentuk bakti sosial dari Himpsi Kaltim khususnya dalam mendukung dan memberikan sumbangsih terhadap kualitas pembangunan sumberdaya manusia di lingkungan Pemkab Kukar.

"Sebagai salah satu profesi tenaga kesehatan yang ada dalam mendukung memberikan kesejahteraan dan mendukung pembangunan kualitas manusia yang ada," jelasnya.

Himpsi Kaltim berharap para orang tua bisa memberikan pemahaman kepada anak-anaknya dalam menghadapi tantangan di era digitalisasi dengan bijak dan tepat, dan menerapkan strategi yang tepat dalam menyelesaikan tantangan kedepannya melalui kegiatan seminar parenting ini. (*dri)

Pasang Iklan
Top