• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 70 tahun 2015, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menyelenggarakan pawai pembangunan, pada Sabtu (8/8/2015) kemarin.

Start dimulai didepan kantor DPRD Kukar, jalan Wolter Monginsidi menuju ke jalan KH. Ahmad Muksin menyusuri jalan protokol sepanjang tepian mahakam menuju jalan jendaral Sudirman, jalan S Parman dan finish di depan Kedaton Kesultanan Kutai Ing Martadipura.

Nampak ribuan peserta dari siswa sekolah dasar (SD), SMP dan SMA serta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Kukar memenuhi sepanjang jalan Wolter Monginsidi hingga jalan KH.Ahmad Muksin Tenggarong yang menjadi rute pawai kali ini,bahkan sejak pukul 8.30 wita warga kota Tenggarong sudah memenuhi tepian jalan yang akan dilewati arak - arakan peserta pawai.

Khusus peserta dari SKPD mereka diharuskan menampilkan mobil hias yang didekorasi dengan menampilkan keunikan, kekhasan dan keunggulan masing - masing SKPD nya.

Seperti pelaksanaan pawai tahun - tahun lalu peserta pawai terdiri para siswa dari sekolah dasar (SD) Hingga Sekolah Menengah Umum (SMU) hingga peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Kukar, perusaahaan dan organisasi massa, dan dari Kepolisian Resor Kukar untuk pertama kalinya mengikuti pawai.

Penjabat (Pj) Bupati H. Chairil Anwar yang duduk dipanggung kehormatan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para kepala SKPD menyambut gembira setiap peserta yang melintas didepan panggung kehormatan, sesekali diantara peserta memberikan cendera mata kepada Pj Bupati, dan salah satu peserta tersebut dari Sekretariat Kabupaten yang diwakili Bagian Humas dan Protokol yang mnyerahkan photo pelantikan Pj Bupati H.Chairil Anwar yang diserahkan Kasubbag Pemberitaan Hendra Wardana.

Saat melintasi depan panggung kehormatan, peserta pawai menunjukkan berbagai atraksi dan kebolehan serta ciri khas masing - masing sehingga menambah daya tarik para penonton yang sebagian besar memadati area disekitar panggung kehormatan, antara lain penampilan dari anggota Polres Kukar yang baru pertama kali ikut andil dalam pawai kali ini, juga penampilan polisi cilik, dan berbagai atraksi dan penampilan kesenian dari peserta.

Dan yang paling membuat heboh diseputaran panggung kehormatan ketika peserta dari dinas pertanian yang menampilkan berbagai hasil pertanian, mendaulat Pj Bupati untuk turun dari panggung dan melakukan panen tanaman buah dan sayuran yang sudah disusun diatas mobil hias, usai Pj melakukan panen, semua hasil pertanian dari sayur-sayuran dan buah-buahan dibagikan kepada para penonton, maka berebutanlah para penonton untuk saling mendapatkan barang yang diinginkan.

Hal tersebut tidak ketinggalan dinas Peternakan yang membagi - bagikan telor dan sekaligus ayam potong dan dinas Perikanan dan kelautan membagi - bagikan berbagai hasil perikanan, dari ikan asin, ikan salai hingga ikan yang masih hidup.

"Lumayan dapat dua ekor ikan mas, bisa digoreng nanti,"Ujar seorang ibu yang berhasil mendapatkan ikan mas yang masih terbungkus plastik.

Kemeriahan pawai pembangunan tahun ini walau dalam cuaca yang cukup terik tapi tidak menyurutkan minat para peserta dan penonton untuk tetap mengikuti pawai hingga berakhir pada tengah hari, yang ditandai semua peserta melewati panggung kehormatan menuju garis finish. (rid)

Pasang Iklan
Top