• Minggu, 21 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman DKP Kukar Sri Novi Hartati bersama TP PKK Kukar saat meninjau persiapan KWT Desa Margahayu untuk mengikuti Lomba Desa tingkar Provinsi Kaltim)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kukar bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kukar Meninjau persiapan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu Kukar, yang akan mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Kaltim November ini.

Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman DKP Kukar Sri Novi Hartati mengatakan, peninjauan langsung ke lokasi ini merupakan program kerjasama dengan TP PKK terkait Peningkatan Petahanan Pangan dan Gizi Keluarga, dan pihaknya mendukung penuh kegiatan mereka dalam persiapan mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi di minggu pertama November ini.

"Kami berharap pihak pemerintah desa dan masyarakat di Desa Margahayu mendukung kegiatan ini sehingga KWT ini meraih prestasi di ajang lomba tersebut," ungkap Novi sapaan akrabnya.

Ia juga berharap, aktifitas mereka ini tidak berhenti di lomba ini saja tapi kita ingin berkelanjutan, seperti dimanfaatkannya setiap halaman rumah warga untuk bertanam dan membantu meningkatkan gizi keluarga mereka melalui pangan dan tanaman sehat. Dan ini juga mendukung Program DKP Kukar yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman.

"Saat ini di zaman covid kita tau sangat susah untuk beraktifitas tetapi ada sisi baiknya juga, karena kita tidak perlu keluar rumah karena ada sayur-mayur di halaman kita, dan bukan sayur saja tapi ada juga Tanaman Obat Keluarga (Toga) seperti jahe, serai, yang dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan imun sebagai jamu dan herbal tradisional untuk menjadi benteng pandemi Covid-19," katanya.

Sementara itu, Ketua Pokja III TP PKK Imam Pranawa Utama menambahkan, tugas TP PKK Kukar dalam hal ini terkait Ketahanan Pangan Gizi dalam keluarga yang ada dalam kelompok ini adalah melakukan penilaian tiap tahun di semua Kecamatan untuk Lomba. Tetapi karena kondisi tidak memungkinkan kita pilih Desa Margahayu, yang jarak/lokasi Kecamatannya dekat, dan juga memang dari hasilnya sudah terbukti cukup bagus, dan kegiatan yang berkaitan dari tanaman ini ada hasilnya yaitu produk, seperti jahe merah menjadi jahe bubuk dan opak dari singkong.

"Tiap KWT mendapat bibit untuk mereka tanam halaman rumah masing-masing, termasuk 30 anggota, dan tanamannya termasuk labu kuning, dan juga buah seperti pepaya, sirsak, jambu, rambutan. Disini juga rata-rata masyarakat ternak ayam dan beberapa ikan, tetapi belum terlalu banyak ternak ikan, jadi kami sarankan menggunakan terpal kecil/drum, yang juga bisa dibuat untuk tanam kangkung," tuturnya.

Untuk diketahui, para KWT Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu Kukar merupakan perwakilan Kukar dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi yang diikuti 10 Kabupaten/Desa, yang mereka akan menunjukkan hasil dari bercocok tanam mereka yang akan didaftarkan, tetapi ditinjau terlebih dahulu sebelum dikirimkan berkasnya pada tanggal 3 November 2021 nanti. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top